Minggu , 20 Agustus 2017
Home / BERITA UTAMA / Pejabat Nonjob Bakal Diberi Jabatan Lagi

Pejabat Nonjob Bakal Diberi Jabatan Lagi

PLT Gubernur  Bengkulu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA

BENGKULU – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA akhirnya merespon harapan para pejabat nonjob di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Ia berencana akan kembali memberikan jabatan kepada 540 pejabat nonjob.

Jumlah pejabat dinonjob terbilang banyak selama era kepemimpinan Gubernur Bengkulu (nonaktif), Dr. H. Ridwan Mukti, MH. Terutama sejak masuknya pejabat “impor”. Untuk pejabat eselon II saja yang dinonjob ada 19 orang. Lalu eselon III ada 117 orang, dan terbanyak eselon IV 404.

Kepada wartawan RB, Rohidin mengakui dirinya akan kembali mengangkat pejabat yang sudah dinonjobkan selama ini. Proses pengangkatannya kembali untuk menduduki jabatan juga tidak akan dilakukan proses seleksi lelang. Tetapi dilakukan dengan sistem job fit. Artinya akan dibentuk tim kecil yang diketuai Sekda Provinsi untuk melakukan fit and profer test pejabat terutama yang pernah menduduki jabatan eselon II.

‘’Untuk pejabat nonjob juga kita akan kembalikan untuk diberikan jabatannya. Tentunya disesuaikan dengan kepangkatan dan sesuai prosedur administrasi kepegawaian. Tapi tidak perlu seleksi lelang, cukup dengan job fit,’’ ujarnya.

Lanjut Rohidin, namun dalam proses penempatan kembali butuh tahapan. Sebab jumlah jabatan yang kosong atau dijabat Pelaksana tugas (Plt) terutama untuk eselon II terbatas. Sehingga akan benar-benar dipilih sesuai dengan kompetensi dan profesional.  terutama yang belum akan memasuki masa pensiun serta tidak pindah.

‘’Jadi mulai mantan pejabat eselon II, III dan IV yang dinonjob akan kita kembalikan sesuai dengan keahliannya. Kita berharap ke depan penempatan memang sesuai kemampuan dan kompetensinya. Sehingga dalam proses pelayanan dan menjalankan roda pemerintahan dapat benar-benar berjalan dengan maksimal,’’ bebernya.

Salah satu pejabat nonjob mengaku bersyukur bila sampai Plt Gubernur memberi jabatan kembali. “Selama ini kami terzalimi. Tidak ada salah, malah prestasi bagus tapi malah dinonjob. Terimakasih Pak Rohidin kalau sampai kami kembali diberi amanah,” kata pejabat nonjob itu.

Di bagian lain, tak ingin jabatan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) berlarut-larut selalu diisi Pelaksana tugas (Plt), akhirnya Plt gubernur menyampaikan usulan nama calon sekdaprov definitif. Sudah hampir 4 tahun jabatan sekda dijabat Plt. Menariknya calon sekda definitif tersebut tetap akan diambil dari hasil seleksi yang dilakukan lima panitia seleksi yang sempat tidak diakui Gubernur Bengkulu (Nonaktif) Dr. H. Ridwan Mukti, MH.

Bahkan ketiga nama yang sudah diajukan ke Tim Penilai Akhir untuk diserahkan ke Presiden melalui Kemendagri. Ketiganya yakni Ir. Fachriza, MM yang kini menjabat Asisten I Pemkot, Dr. Edi Hermansyah, Ph.D merupakan Asisten II Pemda Benteng, serta Nopian Andusti, SE, MT. Pengusulan itu setelah didapati adanya rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Menariknya dari ketiga calon tersebut nama Ir. Fachriza, MM yang dikabarkan terkuat.

Asisten Pengawasan dan Monitoring KASN Sumardi mengatakan bahwa pihaknya tetap merekomendasikan untuk calon sekda definitif diambil dari hasil seleksi yang sudah dilakukan. Untuk itu pihaknya meminta agar Plt Gubernur menyampaikan tiga nama yang nilainya tertinggi dari hasil seleksi tersebut ke Presiden melalui Kemendagri.

‘’Sekarang sudah diproses untuk diajukan ke Tim Penilaian Akhir Presiden. Karena yang akan dipilih itu nantinya dari usulan yang didapati hasil seleksi pansel,’’ ujarnya kepada RB kemarin.

Rohidin Mersyah mengakui kalau hasil seleksi pansel yang akan diajukan ke Presiden melalui Kemendagri. Sebab dirinya sudah meminta rekomendasi dari KASN berkaitan dengan pengisian jabatan sekda definitif.

‘’Jadi untuk Sekdeadefinitif tetap diambil dari hasil seleksi yang dulu. Kini tinggal prosesnya sedang berjalan. Sebab sebelum melakukan proses pengembalian pejabat yang dinonjob akan lebih diprioritaskan dulu untuk pengisian jabatan Sekda definitif,’’ ujar Rohidin.(che)

Baca Juga ...

Jemput Surat ‘’Sakti’’ Kemendagri

BENGKULU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu benar-benar ingin memproses pemberhentian Gubernur Bengkulu ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *