Sabtu , 23 September 2017
Home / MUKOMUKO / 20 Rumah Menunggu Waktu Masuk Jurang

20 Rumah Menunggu Waktu Masuk Jurang

NYARIS: Rumah warga Desa Medan Jaya tinggal menunggu waktu terjun ke jurang.

IPUH – Sebanyak 20 unit rumah warga di Desa Medan Jaya Kecamatan Ipuh Mukomuko terancam masuk ke jurang, yang dibawahnya alirang Sungai Batang Muar. Bahkan ada lima rumah yang dapurnya sudah berada di ujung jurang. Tapi  hingga Minggu kemarin (10/9) belum ada langkah darurat dari Pemkab Mukomuko.

Sekdes Medan Jaya Safriadi, menjelaskan ancaman rumah warga terjun ke jurang setelah tanah di belakang rumah terus menerus longsor. Longsor disebabkan curah hujan tinggi. Sedangkan terjangan sungai yang deras berhasil diatasi karena sudah adanya semacam bangunan bronjong.

‘’Tapi bronjong tersebut tidak bisa menahan tanah yang longsor dari atas. Makanya kini rumah warga terancam. Ini butuh bangunan pelapis tebing,” harap Sekdes.

Lebih lanjut dijelaskan, lokasi 20 rumah yang tinggal tunggu waktu terjun ke jurang, hanya sekitar 30 meter dari Jalinbar Sumatera. Untuk warga yang memiliki uang bisa membangun pelapis tebing sendiri. Tapi warga yang tidak mampu, bisa pasrah.

‘’Kami mohon sekali bantuan Pemkab. Kami minta Pemkab turun langsung ke lapangan bisa melihat persis seperti apa kondisinya,” jelas Sekdes.

Terpisah, anggota DPRD Mukomuko Wisnu Hadi, SE, kepada RB mengatakan, Pemkab dan OPD terkait segera bertindak mengatasi masalah ini. Dari pantauan pihaknya, kondisi di lapangan sangat mengkhwatirkan. Diyakini kian hari bertambah parah, mengingat curah hujan masih tinggi di wilayah Kabupaten Mukomuko.

‘’Menurut kami ini darurat. Pemda perlu segera turun tangan. Jangan sampai sudah ada korban, baru Pemkab turun, itu sama saja terlambat,” demikian Wisnu.(hue)

Baca Juga ...

Butuh Bangun Bronjong

IPUH – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementarian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu mengharapkan campur tangan Pemkab Mukomuko ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *