Selasa , 21 November 2017
Home / MUKOMUKO / Kasus Gigitan Anjing Tinggi

Kasus Gigitan Anjing Tinggi

MUKOMUKO – Jumlah kasus gigitan hewan pembawa rabies (HPR) di Kabupaten Mukomuko terbilang tinggi. Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko mencatat tahun sebelumnya ada 125 kasus gigitan anjing.

Sangat dikhawatirkan jumlah kasus tersebut meningkat. Ini seiring jumlah populasi anjing liar maupun anjing peliharaan masyarakat yang cukup banyak.

Kabid Pencegahan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) di Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko, dr. Dollata, M.Kes menjelaskan untuk menekan terjadi kasus gigitan HPR, pihaknya sangat menyambut baik upaya yang dilakukan Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko melakukan eliminasi, khususnya terhadap anjing liar.

Ia melihat, keberadaan anjing liar baik yang ada di pemukiman penduduk maupun berada di lokasi fasilitas umum, jumlahnya banyak. Dengan banyaknya keberadaan anjing liar, sangat membahayakan bagi masyarakat.

“Kita khawatirnya hanya satu. Keberadaan anjing liar yang ada di wilayah kita ini, ada yang positif rabies. Kalau sudah positif rabies dan sempat gigit manusia, dampaknya sangat fatal sekali. Satu cara untuk cegah tingginya kasus gigitan HPR ini, anjing liar itu harus dieliminasi” jelas Dollata.

Yang lebih menyedihkan, lanjut Dollata, bukan hanya kekhawatiran tingginya kasus gigitan HPR. Melainkan untuk tahun ini ketersediaan obat pencegah penyakit rabies tidak ada di Dinkes Mukomuko. Sebab perusahaan obat pencegah penyakit rabies yang ada di pusat itu, infonya ada masalah.

Selama tidak ada ketersediaan obat pencegah penyakit rabies, maka satu langkah yang harus dilakukan dinas yakni melakukan pembasmian anjing liar dan melakukan penyuntikan vaksin anti ranies terhadap seluruh HPR peliharaan masyarakat.

“Hanya itu yang dapat dilakukan sekarang. Kalau kita mengandalkan obat pencegah penyakit rabies, jujur saja kalau kondisi sekarang kita tak memiliki stok. Bahkan di apotek di wilayah kita juga tidak menyediakan obat itu,” demikian Dollata.(hue)

Baca Juga ...

Membayar Pajak Melalui e-Samsat Belum Efektif

MUKOMUKO – Meskipun sudah ada kemudahan dalam membayar pajak kendaraan melalui layanan e-Samsat Bank Bengkulu ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *