Selasa , 21 November 2017
Home / MUKOMUKO / Tercatat 35 Kasus DBD

Tercatat 35 Kasus DBD

MUKOMUKO – Catatan Dinas kesehatan (Dinkes) Mukomuko, untuk setahun terakhir, sudah ada 35 kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Dari jumlah kasus akibat gigitan nyamuk DBD itu, 2 orang diantaranya meninggal dunia. Yakni satu warga Desa Pondok Suguh dan seorang warga Desa Tanjung Mulya SP 9.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko, Jun Harto, SKM, menerangkan untuk dua orang korban meninggal dunia akibat penyakit DBD, sebelumnya sudah mendapat perawatan di RSUD. Namun karena kondisi penyakit semakin memburuk, korban tak dapat tertolong lagi.

“Tim medis sudah maksimal memberi pertolongan, namun keduanya tidak dapat diselamatkan lagi. Untuk korban penyakit DBD asal Pondok Suguh meninggal di bulan Juli 2017, dan korban DBD asal Desa Tanjung Mulya meninggal bulan Agustus 2017,” terangnya.

Meskipun 2 orang korban DBD tidak dapat terselematkan, namun sebanyak 33 orang korban DBD yang lain berhasil diselamatkan tim medis. Bahkan 33 orang itu, sekarang kondisinya sehat dan dapat menjalankan aktivitasnya seperti biasa. Rata-rata mereka yang bisa diselamatkan setelah penyakit yang dideritanya cepat mendapatkan penanganan medis.

“Baru ada sedikit demam, mereka langsung periksa ke dokter untuk memastikan apakah ada gejala DBD atau tidak. Ternyata saat dilakukan pemeriksaan, mereka positif DBD. Upaya pengobatan langsung dilakukan dan akhirnya mereka sembuh,” kata Jun Harto.

Pasca banyaknya warga positif DBD, Dinkes Mukomuko melakukan beberapa upaya. Diantaranya pengasapan (fogging), pembagian bubuk abate, dan melaksanakan kegiatan penyuluhan kepada warga yang berdekatan langsung dengan korban DBD.

“Tujuan pengasapan yang kita lakukan untuk mengusir sekaligus membunuh jentik nyamuk DBD yang berdekatan dengan rumah korban. Begitu juga dengan pembagian abate juga untuk upaya membunuh jentik nyamuk yang bersarang di sumur maupun bak mandi,” demikian Jun Harto.(hue)

Baca Juga ...

Membayar Pajak Melalui e-Samsat Belum Efektif

MUKOMUKO – Meskipun sudah ada kemudahan dalam membayar pajak kendaraan melalui layanan e-Samsat Bank Bengkulu ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *