Sabtu , 23 September 2017
Home / METROPOLIS / Demplot, Wahana Pembelajaran Pertanian

Demplot, Wahana Pembelajaran Pertanian

PANEN: Hasil Demplot Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Teluk Segara, Sungai Serut Kota Bengkulu.

BENGKULU – Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan. Demplot bisa berupa inovasi teknologi budidaya, varietas unggul, pemupukan dan lain-lain.

Kepala Dinas Pertanian Kota Bengkulu, Ir.  Arif Gunadi, M.Si mengatakan , untuk di Kota Bengkulu Demplot sudah dilakukan dan dilaksanakan di delapan kecamatan yang ada di Kota Bengkulu. Telah panen seperti yang ada di Kecamatan Sungat Serut, tepatnya di lahan pertanian yang dimiliki oleh BPPT Kota Bengkulu.

Di Kecamatan  Muara Bangkahulu dengan pemanfaatan pekarangan dengan sistem vertikultur hidroponik dan budidaya tanaman sayuran, serta pembesaran ikan lele dan gurame. Kecamatan Gading Cempaka dan Singaran Pati, pemanfaatan lahan pekarangan sistem vertikulur. Di  Kecamatan Kampung Melayu pembuatan green house, Demplot jagung hibrida serta pembesaran ikan gurame. Kecamatan Selebar pembuatan green house dan Demplot jagung serta Kecamatan Teluk Segara dan Sungai Serut Demplot jagung, Demlot padi dan budidaya ikan lele.

“Untuk itu adik sanak petani dan masyarakat warga Kota Bengkulu yang ingin bertanya dan belajar tentang pertanian, kami Dinas Pertanian Kota Bengkulu siap membantu memberikan penyuluhan tata cara. Bahkan mendapatkan hasil panen yang berlimpah dengan penyuluh-penyuluh yang berpengalaman dan handal. Untuk itu kami tunggu kedatangan adik sanak sekalian,” kata Arif. (rudi/krn)

Baca Juga ...

TPP Tidak Mungkin Ditiadakan – Riduan: Aset dan TPP Beda Konteknya

BENGKULU – Polemik DPRD Kota Bengkulu meminta evaluasi terhadap Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) lantaran ada ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *