Sabtu , 23 September 2017
Home / BERITA UTAMA / Kerjakan 100 Soal, Waktu 120 Menit – CPNS Kemenkum HAM

Kerjakan 100 Soal, Waktu 120 Menit – CPNS Kemenkum HAM

TES CPNS: Para peserta seleksi CPNS Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum (Kemenkum) dan Hak Azasi Manusia (HAM) Provinsi Bengkulu mulai mengikuti rangkaian tahapan tes, kemarin (11/9).

BENGKULU – Tahapan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Provinsi Bengkulu, kemarin (11/9) resmi dimulai. Ada dua tahapan yang dilakukan dalam seleksi ini, yakni tes tertulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk formasi Strata 1 (S1) dilakukan di Gedung Batik Universitas Bengkulu (Unib), dan tahapan pengukuran tinggi badan serta verifikasi berkas pendaftaran online untuk formasi SLTA Sederajat yang dilakukan di Poltekkes Unib.

Jumlah peserta CAT formasi strata 1 dan dokter berjumlah 2.939 yang akan memperebutkan sebanyak 23 kuota CPNS. Sementara untuk formasi SLTA Sederajat yang mengikuti pengukuran tinggi badan serta verifikasi berkas pendaftaran online, sebanyak 10.047 orang untuk memperebutkan sebanyak 240 kuota.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Bengkulu, Ilham Djaya, SH, MH, M.Pd melalui Kasubid Humas, Abdul Hamid, SH, MH mengungkapkan, untuk tes CAT jenjang formasi Strata 1 atau Dokter akan dilakukan selama 3 hari yakni dari tanggal 11-13 September 2017. Sementara untuk pengukuran tinggi badan dan verifikasi berkas pendaftaran online untuk jenjang formasi SLTA Sederajat akan dilakukan selama 6 hari mulai dari 11-16 September 2017 mendatang.

Khusus untuk jenjang formasi SLTA Sederajat, pelaksanaan tes CPNS untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) juga akan dilakukan dengan menggunakan sistem CAT akan dilakukan pada 25 September – 3 Oktober mendatang. Sama halnya dengan tes CAT untuk formasi Strata 1 atau Dokter, dalam melaksanakan TKD ini Kanwil Kemenkum HAM menggandeng dua kampus ternama di Bengkulu, yakni Unib dan Poltekkes Unib. “Diperkirakan ada sekitar 250 komputer yang kita gunakan untuk melaksanakan tes ini. Setiap harinya akan kita lakukan tes sebanyak 5 shift untuk para peserta tes,” katanya.

Soal yang diberikan kepada para peserta tes, merupakan soal pengetahuan umum dan pengetahuan khusus yang diambil dari bank soal milik Kemenkum HAM RI. Hanya saja pihak panitia daerah yang terdiri dari Kanwil Kemenkum HAM, Ombudsman, dan Inspektorat tidak mengetahui berapa jumlah dan jenis soal, karena masih dirahasiakan oleh Kemenkum HAM RI.

“Untuk soal itu kewenangan Kemenkum HAM RI, karena kami di sini hanya menjalankan teknis seleksinya saja,” tambah Abdul.

Selanjutnya setelah TKD, tahapan berikutnya adalah Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang terdiri dari kesamaptaan, wawancara, psikotest, kesehatan dan tes fisik. Untuk TKB ini berbeda dengan TKD sebelumnya. Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, soal CAT CPNS terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).

Untuk materi soal CPNS TKD terdiri atas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Soal Tes Intelejensi Umum (TIU), dan Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Jumlah soal untuk tes ini adalah 100 soal yang terdiri dari 35 butir soal TWK, 30 butir soal TIU, dan 35 butir soal TKP, yang dikerjakan dalam kurun waktu 120 menit.

Untuk soal CAT CPNS TWK, diujikan untuk menilai peserta CPNS dalam penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan Indonesia yang meliputi Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, sistem tata negara Indonesia, pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa indonesia, dan kemampuan berbahasa Indonesia.

Sementara untuk CAT CPNS TIU, merupakan tes untuk meningkatkan intelegensi para peserta ujian CPNS dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis yang terdiri tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, tes pengelompokan kata, tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka, tes angka dalam cerita, tes logika umum, tes analisa pernyataan, tes kesimpulan silogisme, dan tes logika cerita.

Kemudian untuk soal CPNS CAT TKP, merupakan sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian para peserta CPNS dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi yang meliputi integritas diri, semangat berprestasi, orientasi pada pelayanan, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, orientasi kepada orang lain, serta kreativitas dan inovasi. (sly)

Baca Juga ...

Masih Ada Jalan Tanah di Kota

BENGKULU – Komisi II DPRD Kota Bengkulu kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak). Kali ini terkait ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *