Sabtu , 23 September 2017
Home / BERITA UTAMA / Pelepasan 20 Tukik di oleh Himailka Unib

Pelepasan 20 Tukik di oleh Himailka Unib

LESTARIKAN PENYU: Pelepasan tukik (anak penyu) di Pantai Pasar Bengkulu, kemarin (12/9).

 

BENGKULU – Pelestarian penyu tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga masyarakat termasuk mahasiswa. Tak ingin penyu punah, dan dalam upaya menjaga ekosistem laut, Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (Himailka) Universitas Bengkulu bersama instansi terkait dan komunitas pelestarian ekosistem laut melakukan pelepasan 20 tukik (anak penyu).

Kegiatan yang berlangsung kemarin (12/9) di kawasan Pasar Pantai berdekatan dengan Tapak Paderi ini dihadiri juga pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, pejabat Lanal Bengkulu, COO Benmall Irwan, General Manager Harian Rakyat Bengkulu, Pihan Pino. Tak ketinggalan beberapa komunitas Bengkulu. Diantaranya FPPB, RBDC, Aerial Drone Bengkulu, Pertamina dan YayasanPenyelamat Pencinta Penyu Pantai Bengkulu.

Ketua umum Himailka  Unib Tri Anugrah Yudesta menuturkan sebagai pemuda pemudi harus ikut bertanggung jawab terhadap ekosistem laut. ‘’Karena itu kami (mahasiswa ilmu kelautan) menjadi pelopor untuk menyelamatkan penyu yang sudah hampir punah. Menjaga ekosistem lingkungan merupakan salah satu cara untuk mewujudkan harmonisasi alam, karena alam akan memberikan vibrasi yang kuat bila kita juga mampu menjaganya,’’ jelasnya.

Kegiatan ini dibuka Kepala Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Bengkulu, Ir. Dede Hartono, M.T.  Menurutnya Pulau Tikus adalah spawning ground (tempat bertelur) penyu yang baik. Hanya saja sekarang yang menjadi kendala adalah abrasi yang tinggi di pulau tersebut yang mengakibatkan pulau hanya tersisa 0,8 hektare.(rls)

Baca Juga ...

Perkara Suap Menguat

BENGKULU– Perkara dugaan suap terhadap Gubernur Bengkulu (nonaktif), Dr. H Ridwan Mukti, MH menguat. Penegasan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *