Home / BERITA UTAMA / Wawancara Eksklusif Walikota H. Helmi Hasan, SE

Wawancara Eksklusif Walikota H. Helmi Hasan, SE

MEMBACA: Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, SE menikmati sajian berita Harian Rakyat Bengkulu.

Sudah Punya Rumah Sakit, Jalan Mulus, dan Kota Makin Cantik

Belum genap lima tahun dipimpin Walikota H. Helmi Hasan, SE, perubahan Kota Bengkulu sudah sangat dirasakan warga. Mulai dari berdirinya Rumah Sakit (RS), jalan pemukiman mulus, hingga kota terlihat makin cantik. Berikut wawancara wartawan RB bersama Walikota Helmi Hasan.

ANUGERAH WAHYU, Kota Bengkulu

GEBRAKAN benar-benar menyentuh masyarakat Kota Bengkulu di zaman pemerintahan Walikota Helmi Hasan adalah berdirinya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota. Tekad Helmi mewujudkan pembangunan Rumah Sakit Kota terwujud pada akhir tahun 2013 lalu. Setelah usia Kota Bengkulu sudah menginjak 298 tahun.

Bahkan selain berdirinya RSUD Kota, dalam empat tahun terakhir ini banyak progres pembangunan yang telah berhasil dikerjakan. Diantaranya pembangunan jalan pemukiman, drainase, trotoar, taman dan gedung perkantoran Bentiring.

“Alhamdulillah dengan adanya Rumah Sakit kota ini juga respon dari masyarakat bagus. Buktinya sudah banyak pasien yang berobat ke Rumah Sakit Kota. Meski secara perlahan kita masih berbenah melengkapi sarana dan prasana yang memadahi,” ungkap Helmi.

Dalam masa kepemimpinannya yang tinggal tiga bulan lagi, Helmi mengaku masih ada kekurangan selama ia memimpin. Namun ia berharap pengertian dari semua pihak bilamana komitmen tersebut belum semuanya terwujud.

” InsyaAllah dalam lima tahun ini, infrastruktur kita apakah itu jalan, drainase atau trotoar akan kita perbaiki semua. Ini dibuktikan dengan anggaran infrastruktur kita terus meningkat dari tahun ke tahun,” terangnya.

Selain itu, Adik Kandung Ketua MPR RI ini juga menyampaikan komitmennya terhadap kesejahteraan para pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu yang sudah ia lakukan dengan memberikan uang makan PNS, uang tambahan penghasilan pegawai (TPP), serta memberikan pakaian dinas untuk pegawai.

“Dengan kenaikan harga kebutuhan hidup yang bombastis ini kita berencana akan menaikkan kembali gaji honorer dari Rp 1,25 juta menjadi Rp 1,5 juta untuk tahun 2018,” tuturnya.

Soal efisiensi anggaran Pemerintah Kota pihaknya sudah menghitung secara cermat, tidak dengan menzalimi orang. “Misal program Samisake yang alhamdulillah revisi perda sudah disahkan DPRD. Kita juga akan mengusulkan anggaran untuk samisake, agar semua masyarakat di setiap kelurahan bisa menikmati bantuan bergulir samisake itu,” ujarnya.

Dalam meningkatkan sarana dan fasilitas bagi ketua RT/RW se-kota, Walikota berencana akan memberikan kendaraan motor kepada seluruh RT/RW sebagai penunjang kerja di tengah masyarakat. “Kita akan berikan fasilitas berupa motor. Wajar ketika sekarang motor itu diberikan untuk para RT, itupun bagi ketua RT yang mau saja ,” papar Helmi Hasan.
Menurut Helmi, peranan ketua RT di tengah masyarakat sangat penting bagi pemerintah daerah, karena sebagai ujung tombak dan perpanjangan tangan pemerintah yang secara langsung berhadap kepada masyarakat setiap saat, kapan pun dan dimanapun. “Kita juga merasakan jika tugas seorang ketua RT/RW itu berat. Makanya kita support mereka dengan menambah fasilitas,” tuturnya.

Terlebih lagi saat ini, sambung Helmi, Pemerintah Kota Bengkulu tengah berupaya mengentaskan persoalan pemukiman kumuh dan kebersihan di lingkungan masyarakat melalui program Bengkulu-ku BISA. “Selain itu juga akan kita persiapkan fasilitas mobil pick up (pikap) di setiap kelurahan. Dan itu bukanlah mobnas milik kepala lurahnya, tetapi ini fasilitas ditingkat kelurahan untuk melayani masyarakat. Terutama, dalam membuat sampah dari hasil gotong-royong warga, maka ini perlu,” jelasnya.

Menariknya lagi, di masa kepemimpinannya yang tinggal hitungan tiga bulan lagi, Walikota juga mempunyai impian besar terhadap Kota Bengkulu. Salah satu impian tersebut ingin membangun fly over atau dikenal jalan layang di Kota Bengkulu. Bahkan impian tersebut tidak main-main, ia sudah meminta agar Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk membuat konsep pembangunan tersebut.

“Kota ini akan terus berkembang pesat. Kendaraan akan terus ramai di jalanan. Sebelum terjadi macet yang cukup parah di Kota ini. Maka penting dibangunnya fly over tersebut. Karena di beberapa kota besar itu sudah dilaksanakan pembangunan untuk mencegah kemacetan yang terjadi,” jelasnya.

Diungkapkan Walikota, keinginan dirinya untuk membangun fly over tersebut bukan sekedar isapan jempol belaka. Dirinya bahkan sudah meminta Dinas PUPR dan Bapelitbang untuk menghitung dan mengkaji anggaran keseluruhan pembangunan tersebut. “Karena untuk membangun fly over ini memang membutuhkan anggaran yang lumayan besar. Makanya kita minta pihak terkait untuk mengkaji lebih dalam lagi berapa total anggaran yang dibutuhkan tersebut,” demikian Helmi.(**)

Baca Juga ...

Helmi: Saya Tidak Punya Uang untuk Bertarung

BENGKULU –akhirnya angkat bicara soal informasi yang berkembang mengenai dirinya yang dikabarkan akan maju dalam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *