Selasa , 12 Desember 2017
Home / BENGKULU UTARA / Jembatan Pertanian Rusak Parah

Jembatan Pertanian Rusak Parah

RUSAK PARAH: Lantai jembatan pertanian di Kelurahan Kemumu tampak rusak parah. Kondisi ini sangat membahayakan petani yang setiap hari melintas.

ARGA MAKMUR – Satu lagi jembatan yang butuh perhatian khusus dari Pemkab Bengkulu Utara (BU). Setelah jembatan Desa Pematang Sapang, Kecamatan Arma Jaya, kali ini jembatan yang menjadi satu-satunya akses bagi petani Kelurahan Kemumu dan Kecamatan Arma Jaya rusak parah.

Pantauan RB, lantai jembatan sudah rapuh dan tidak layak dilintasi. Bahkan, petani memasang sendiri sekeping papan agar motor masih tetap bisa melintas dan tak khawatir harus terperosok serta terjun ke sungai Air Terjun Kemumu tersebut.

Jembatan sepanjang 30 meter ini nyaris tak ada lantai yang aman untuk dilintasi lagi. Bahkan beberapa titik lantai bolong dan papan yang licin sehingga berbahaya dilintasi motor yang digunakan petani.

Suwarno, petani Desa Kemumu menerangkan, kondisi ini sudah beberapa bulan terjadi. Sebelumnya, masih ada papan yang bisa dilintasi motor, namun kini semua bagian papan lantai jembatan sudah berbahaya dilintasi motor.

“Kalau tidak hati-hati bisa terperosok dan jatuh ke sungai. Karena papan sudah sangat lapuk dan licin,” ujar Suwarno, kemarin (12/11).

Kadis PUPR BU, Heru Susanto, ST mengatakan akan menurunkan tim mengecek kondisi lantai jembatan. Termasuk jika memungkinkan dialokasikan dana dalam APBD 2018 yang kini  mulai dibahas oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Kita akan cek kondisinya seperti apa dan kapan terakhir jembatan itu dibangun,” kata Heru.

Kecamatan Arma Jaya terutama Kelurahan Kemumu menjadi salah satu daerah pertanian dan lumbung tanaman pangan BU. Jeleknya kualitas jembatan dikhawatirkan bisa mempengaruhi pertanian masyarakat.

“Kita juga terus mendata semua fasilitas pertanian yang rusak dan butuh pembangunan. Termasuk apakah itu tanggung jawab Kabupaten atau Provinsi dan melihat apakah bisa ditanggung dalam dana Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan,” terang Heru. (qia)

Baca Juga ...

Pesta Miras, 66 Orang Digelandang – Polisi Ditabrak

ARGA MAKMUR – Polres Bengkulu Utara (BU) menggelar razia gabungan pukul 22.30 WIB Sabtu (9/12) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *