Senin , 20 November 2017
Home / MUKOMUKO / Konsep Padat Karya

Konsep Padat Karya

MUKOMUKO – Bupati Mukomuko Choirul Huda, SH minta pada pemerintah desa (Pemdes) menerapkan konsep padat karya dalam pelaksanaan pembangunan di desa. Tujuannya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

Konsep padat karya yang dimaksud itu, bagaimana Pemdes banyak libatkan masyarakat dari desa itu sendiri untuk kegiatan pembangunannya. Terutama pada kegiatan fisik. Agar uang untuk pembangunan dari dana desa (DD), dapat berputar di desa itu sendiri.

Kalau ini dapat terealisasi, Bupati optimis perputaran keuangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat, bisa ikut meningkat. ‘’Dasar itulah pola padat karya sangat bagus dilaksanakan,’’ jelas bupati.

Tetapi lanjut bupati, jangan sampai uang dari DD yang harusnya dapat dinikmati oleh masyarakat desa, justru dinikmati oleh masyarakat dari luar daerah. ‘’Libatkan semua masyarakat untuk mengelola anggaran yang ada di desa itu,” pinta bupati.

Pemkab Mukomuko juga berencana melaksanakan hal serupa untuk kegiatan pembangunan yang didanai APBD Kabupaten Mukomuko. Penerapannya, bisa saja diawali dengan pihak pelaksana pekerjaan, atau kontraktor pelaksana berasal dari Kabupaten Mukomuko. Kemudian, kontraktor itu juga pekerjanya merekrut masyarakat Kabupaten Mukomuko.

‘’Jika konsep ini kita jalankan, saya jamin daerah ini cepat berkembang pesat. Pasalnya, besarnya perputaraan keuangan di Kabupaten Mukomuko. Jadi semua OPD supaya bisa ikut serta mensukseskan konsep padat karya ini,’’ demikian bupati.(hue)

Baca Juga ...

Masih Ada 10 Paket Pekerjaan Terlambat

MUKOMUKO – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko akhirnya menterbitkan surat teguran untuk ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *