Senin , 20 November 2017
Home / MUKOMUKO / Pipa Putus, Warga Krisis Air Bersih

Pipa Putus, Warga Krisis Air Bersih

PUTUS: Terjadi hujan deras, membuat pipa transmisi air baku PDAM Mukomuko putus, dan jatuh ke Sungai Selagan.

MUKOMUKO –Akibat hujan deras beberapa hari ini membuat pipa tranmisi air baku PDAM Tirta Selagan jebol. Tidak tanggung-tanggung panjang pipa transmisi yang terputus mencapai 100 meter.

Direktur PDAM Tirta Selagan Suryadi, S.IP, membeberkan putusnya pipa tranmisi. Ini dikarenakan Sungai Selagan meluap diperparah lagi dengan beberapa titik sepanjang pipa tersebut ada terjadi tanah longsor. Sehingga pipa steal diamater 400 milimeter (MM) tidak mampu bertahan sehingga putus.

Lokasi pipa yang putus, sekitar delapan kilometer dari Desa Lubuk Bangko Kecamatan Selagan Raya. Atau sekitar satu kilometer dari arah hulu sungai dari intake atau bak penampungan air milik PDAM. ‘’Baru tahunya kemarin dan langsung kami cek lokasi,” kata Suryadi.

Tak ayal dengan kejadian itu, suplai air bersih ke 600 pelanggan PDAM di dua kecamatan harus terhenti dahulu. Yakni Kecamatan Selagan Raya dan Teras Terunjam.

Suryadi belum bisa memastikan, kapan pendistribusi air bersih bisa normal kembali. Pasalnya jaringan pipa itu dibangun oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VII Bengkulu. “Kami sudah melaporkan kejadian itu ke Balai Wilayah Sungai Sumatera VII,” papar Suryadi.

Ditaksir kerugian dengan kejadian tersebut mencapai Rp 300 juta. Sedangkan PDAM sebulannya rugi hingga Rp 20 juta lebih. Menurut Suryadi perlu dilakukan penanganan segera.

Terutama pada pipa transmisi yang putus. Yakni dengan melakukan penarikan pipa dari dalam sungai dan sebelum pipa tersebut benar-benar hanyut.

“Sayang nanti, apalagi pipanya masih bagus sekali. Dan pipa tranmisi itu dibangun tahun 2013. Kami dari PDAM hanya bisa menunggu, serta berharap secepatnya masalah ini diatasi,” demikian Suryadi.(hue)

Baca Juga ...

Masih Ada 10 Paket Pekerjaan Terlambat

MUKOMUKO – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko akhirnya menterbitkan surat teguran untuk ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *