Senin , 20 November 2017
Home / METROPOLIS / Olimpiade Pahlawan, Tingkatkan Cinta Tanah Air

Olimpiade Pahlawan, Tingkatkan Cinta Tanah Air

OLIMPIADE: Dinas Sosial Provinsi Bengkulu menggelar Olimpiade Pahlawan antar pelajar SLTA se-Provinsi Bengkulu.

BENGKULU – Meningkatkan rasa cinta tanah air bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu dengan menggelar Olimpiade Pahlawan antar pelajar SLTA se-Provinsi Bengkulu. Acara ini sukses digelar 7 November lalu di The Madeline Hotel.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, Dr. H. Iskandar ZO, SH, M.Si mengatakan, melalui Olimpiade Pahlawan ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan pelajar di Provinsi Bengkulu. Saling menghargai, menghormati guru dan orang tua. Sikap yang toleran terhadap perbedaan dan yang paling penting belajar sungguh-sungguh agar dapat menjadi manusia yang bermanfaat.

“Olimpiade Pahlawan ini kita laksanakan setiap tahun, kita harapkan dengan olimpiade ini selain dapat memupuk nilai-nilai kepahlawanan juga terciptanya kompetisi yang sehat antar sekolah,” ujar Iskandar.

Dikatakan, tujuan dari olimpiade ini untuk menambah wawasan pengetahuan kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial nasional dan meningkatkan rasa kecintaan terhadap tanah air. Nilai perjuangan, persatuan, keikhlasan, dan teloransi merupakan bagian dari nilai-nilai kepahlawanan. “Saat ini dinamika berdemokrasi di Indonesia mulai bergeser, kebebasan berekspresi sudah menabrak nilai-nilai persatuan dan toleransi,” katanya.

Menurutnya, kita patut berbangga bahwa negara ini memberi kesempatan seluas-luasnya dalam berpendapat dan berekspresi. Namun demikian harus tetap menjaga etika dan kesantunan. Perkembangan teknologi terutama media sosial, seyogyanya dimanfaatkan secara bijak. Lebih baik lagi dapat dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal positif yang bermanfaat.

“Coba kita renungkan kembali apa kita nikmati saat ini, kebebasan berekspresi, kemajuan teknologi, dan kemerdekaan, semua itu tidak  lepas dari perjuangan para pahlawan. Para pahlawan yang telah berkorban jiwa dan raga, materi dan waktu,” terang Iskandar.

Iskandar melanjutkan, sebagai generasi yang mengisi kemerdekaan, sudah sepatutnya berpartisipasi dengan cara menjadi generasi yang berguna. Seperti  yang  disampaikan Presiden Joko Widodo tentang generasi milenial. Hal itu tentu tidak mudah, namun dengan kesungguhan dan keinginan yang kuat, pasti Indonesia bisa mencapai generasi milenial yang positif. Salah satunya dengan meneladani para pahlawan. Mereka bersatu padu dalam perjuangan, tanpa membedakan suku, agama dan ras. Karena semuanya menyatu dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

“Itulah yang dilakukan oleh para pahlawan kita. Mereka berkorban, mereka berjuang demi kehidupan yang lebih baik bagi generasi selanjutnya. Oleh sebab itu tugas dan tanggung jawab kita untuk menjadi generasi yang lebih baik,” kata Iskandar.

Kegiatan diikuti oleh 20 sekolah tingkat SLTA se-Provinsi Bengkulu. Olimpiade Pahlawan ini merupakan satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi Bengkulu dalam menerapkan nilai-nilai kepahlawanan di masyarakat. Dengan tumbuhnya nilai-nilai kepahlawanan pada diri kita, maka Republik Indonesia akan dapat maju dan menjadi negara yang lebih besar lagi.

Keluar sebagai juara pertama SMAN 5 Kota Bengkulu, juara kedua SMAN 6 Kota Bengkulu, dan juara tiga SMAN 3 Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Para pemenang mendapatkan uang pembinaan, piala dan piagam.

“Bagi sekolah yang mendapatkan juara harus belajar giat agar bisa mempertahankannya, dan bagi yang belum agar lebih lebih giat lagi untuk belajar agar tahun depan bisa merebut gelar juara,” tutup Iskandar. (andra/prw)

Baca Juga ...

Kagum dan Ingin Kembali ke Bengkulu – City Tour PWI

BENGKULU – Peserta Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) banyak yang mengaku kagum ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *