Selasa , 12 Desember 2017
Home / BERITA UTAMA / Jangan Remehkan Bagian Kecil Ini Pada Motor

Jangan Remehkan Bagian Kecil Ini Pada Motor

SEPEDA motor mogok merupakan hal yang paling dibenci oleh setiap pengendara sepeda motor. Ketika motor berhenti mendadak, indikator bensin merupakan perangkat yang pertama kali dilihat. Padahal kemogokan tidak hanya terjadi ketika sepeda motor kehabisan bensin saja, tetapi ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sepeda motor menjadi mogok.

Salah satu faktor kemogokan adalah kondisi spark plug (Busi) sepeda motor. Komponen kecil yang panjang nya tidak lebih dari 10 cm ini ternyata mempunyai peran yang vital untuk proses pengapian sepeda motor dimana fungsinya adalah melakukan pembakaran bahan bakar dengan udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran (Ignition).

Selain itu busi juga berfungsi untuk menghantarkan energi panas keluar dari ruang pembakaran serta dapat menjadi indicator pembakaran pada mesin. Mengingat pentingnya peranan dari spark plug ini, maka perlu dilakukan perawatan yang benar agar spark plug tidak mudah rusak.

Pertama, perlu melakukan pengecekan rutin setiap 4.000 km. Kedua, melakukan pengukuran celah busi antara ground dan center elektroda. Bila celah tersebut lebih besar dari 1mm, lakukan penggantian busi. Jangan melakukan penyesuaian ukuran celah tersebut, karena penyesuaian celah dengan cara dipukul akan mengakibatkan pengapian tidak fokus. Ketiga, bila terdapat endapan kotoran sisa pembakaran, bersihkan/cuci dengan bensin.

Bila tidak bisa, maka segera lakukan penggantian busi. Bagi anda pengguna sepeda motor Honda, pastikan anda memakai suku cadang asli dari Honda ya. Adapun keunggulan spark plug asli Honda (Honda Genuine Parts) adalah didesain khusus dan paling pas untuk motor Honda. Spark Plug sepeda motor Honda mampu menahan kejutan panas sampai 2.500o C, tekanan sampai 50 kg/cm2 akibat ledakan pembakaran dan tegangan listrik dari koil sampai 30.000 V.

Tentunya, usia pemakaian lebih panjang dari spark plug lainnya karena spark plug Honda Genuine Parts didesain menggunakan material logam tahan korosi. Segera kunjungi AHASS terdekat untuk melakukan pemeriksaan sepeda motor Honda dan jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan berkala pada spark plug setiap 4.000 km.(**)

Baca Juga ...

Mendagri Restui Mutasi

BENGKULU – Rencana  Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Dr. drh. H Rohidin Mersyah, MMA melakukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *