Selasa , 12 Desember 2017
Home / BENGKULU UTARA / BPJS 109.740 Warga Miskin BU Diblokir

BPJS 109.740 Warga Miskin BU Diblokir

ARGA MAKMUR – Hingga kemarin (19/11), 109.740 warga miskin Bengkulu Utara (BU) pemegang kartu BPJS Kesehatan dari Kementerian Sosial belum bisa berobat gratis di RSUD maupun Puskesmas. Pasalnya, saat dimasukkan sistem komputerisasi, kartu mereka sudah terblokir. Berarti mereka tidak lagi mendapatkan layanan BPJS dari Kemensos.

Kadis Kesehatan BU, drg. Adi Fitridin. M.Kes memastikan akan langsung berkoordinasi dengan BPJS. Pasalnya, proses pendaftaran BPJS maupun pencoretan dilakukan oleh Kemensos, Kementerian Kesehatan dan BPJS.

“Tidak mungkin dicoret semuanya berdasarkan hasil verifikasi. Karena 109.740 itu total penerima BPJS Kemensos di BU,” kata Adi.

Ia meminta BPJS segera menyelesaikan sistem komputerisasi yang menyebabkan terblokirnya semua data penerima BPJS Kesehatan Kemensos. Meski bukan kewenangan Dinkes BU, namun hal ini menjadi keluhan masyarakat BU terkait pelayanan kesehatan.

“Kalau memang ada yang dicoret itu wajar, namun tidak mungkin semuanya. Kami minta BPJS setelah menyelesaikan jika memang ada masalah sistem yang menyebabkan data error tersebut,” tegasnya.

Ia juga memastikan tidak bisa memasukan 109.740 warga tersebut dalam Jamkesda yang pembayarannya ditanggung APBD. Selain memang membutuhkan dana besar, hal ini juga bisa menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) jika masuk di akhir tahun.

“Kita akan mendesak BPJS selesai menyelesaikan. Tidak mungkin sebanyak itu masuk dalam Jamkesda,” pungkas Adi.

Sementara itu, hingga kemarin, RSUD Arga Makmur belum bisa melayani pasien BPJS lantaran semua kartu BPJS diblokir. Pasien yang datang diminta tetap melakukan pembayaran layaknya pasien umum. Namun jika sudah ada perbaikan dari BPJS maka RSUD memastikan akan mengembalikan uang yang sudah dibayarkan pasien. (qia)

Baca Juga ...

Pesta Miras, 66 Orang Digelandang – Polisi Ditabrak

ARGA MAKMUR – Polres Bengkulu Utara (BU) menggelar razia gabungan pukul 22.30 WIB Sabtu (9/12) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *