Selasa , 12 Desember 2017
Home / BENGKULU SELATAN / Berantas Buta Al Quran, Kemenag Usulkan Perda

Berantas Buta Al Quran, Kemenag Usulkan Perda

SAMPAIKAN: Kakan Kemenag BS Arsan menyampaikan usulan raperda wajib bisa baca Al Quran kepada Bupati BS Dirwan Mahmud, Senin (4/12).

KOTA MANNA – Masyarakat Bengkulu Selatan (BS) khusususunya beragama Islam masih ada belum bisa baca Alquran. Untuk memberantas buta aksara Al Quran ini, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten BS mengusulkan raperda wajib bisa baca Al Quran bagi pasangan mau menikah, dan masuk SMA.

Kepala Kakan Kemenag Kabupaten BS, H. Arsan S Ibrahim, menerangkan di Kabupaten BS masih ditemui warga khususnya beragama Islam belum bisa membaca Al Quran. Hal itulah yang melatarbelakangi pihaknya untuk mengusulkan raperda wajib baca Al Quran bagi pasangan mau menikah.

Selain mewajibkan pasangan mau menikah agar bisa baca Al Quran, didalam raperda juga diatur bahwa siswa beragama Islam saat masuk sekolah harus sudah mengenal huruf hijaiyah dan membaca Al Quran tergantung tingkatan.

“Remaja usia sekolah yang mau menikah harus bisa baca Alquran, begitu juga dengan pasangan yang sudah tidak remaja lagi. Kalau belum bisa, buku nikahnya kita tahan sampai bisa baca Al Quran,” ujar Arsan. “Sedangkan untuk daftar sekolah, bagi yang mau masuk SD harus bisa Iqro 3, SMP Iqro 5 dan masuk SMA syaratnya harus bisa baca Al Quran,” sambung Arsan.

Arsan menambahkan draft raperda wajib bisa baca Al Quran bagi pasangan mau menikah dan masuk sekolah ini sudah disiapkan oleh pihaknya. Usulan tersebut juga sudah disampaikan secara lisan kepada Bupati BS H. Dirwan Mahmud, dan ikut didengar oleh Ketua DPRD BS Yevri Sudianto dan tokoh agama. Arsan berharap usulan tersebut dapat didukung oleh bupati dan DPRD.

“Draft raperda sudah kita siapkan, mohon kepada bupati dan ketua DPRD dapat menyetujuinya. Apabila ini sudah diperdakan maka Insya Allah tidak akan ada lagi anak usia sekolah yang beragama Islam dan pasangan mau nikah yang tidak bisa baca Al Quran,” papar Arsan.(key)

Baca Juga ...

Bupati Sidak RSHD, Temukan Atap Bocor

KOTA MANNA – Bupati Bengkulu Selatan (BS), H. Dirwan Mahmud, SH melakukan inspeksi mendadak (sidak) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *