Selasa , 12 Desember 2017
Home / MUKOMUKO / Dana Mesin Perahu

Dana Mesin Perahu

MUKOMUKO – Tahun 2018, Bidang Perikanan Tangkap Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) Mukomuko tanpa Dana Alokasi Khusus (DAK). Hanya dialokasikan dana Rp 300 juta bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). Kabid Perikanan Tangkap DKP Mukomuko, Rachmad Hidayat, S.Pi mengatakan dana itu rencananya untuk membantu nelayan tradisional yang menggunakan perahu atau jokong.

Pilihannya untuk pengadaan mesin jokong atau disandingkan dengan bantuan alat tangkap. “Rencananya seperti ini. Cuma sekarang ini kita tunggu dulu tuntasnya APBD 2018 dibahas,” kata Rachmad.

Terkait 20 unit perahu berikut mesin dan alat tangkapnya, Rachmad mengatakan akan segera dibagikan. Penerimanya kelompok nelayan di Kecamatan Ipuh sebanyak 10 unit, Kecamatan Teramang Jaya empat unit dan Kecamatan Kota Mukomuko sebanyak enam unit.

“Tidak hanya kapal saja yang kita berikan pada kelompok nelayan atau kelompok usaha bersama nelayan. Tapi mesin kapal termasuk peralatan tangkap bagi nelayan juga kita berikan,” imbuh Rachmad.

Bantuan serupa sementara ini tidak akan ada lagi tahun 2018, mengingat anggaran daerah terbatas dan dari kementerian juga nihil. Ini sepertinya bakal berlangsung hingga beberapa tahun ke depan. “Kita lihat program di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), sepertinya sulit. Tapi kami dari DKP tetap berjuang,” lanjut Rachmad.

Untuk kebutuhan kapal yang sangat diharapkan nelayan yang belum dapat bantuan tahun ini, akan diajukan ke DKP Provinsi Bengkulu dan KKP. Mengingat masih banyak proposal yang masuk ke DKP Mukomuko.

“Kami tetap akan mengajukan pengadaan kapal itu ke pusat. Terlepas dikabulkan atau tidak, yang jelas kita berusaha,” tutup Rachmad.(hue)

Baca Juga ...

18 BB dan Uang Tunai Rp 44,5 Jt Diamankan

PENARIK –Satreskrim Polres Mukomuko berhasil melakukan penangkapan aksi perjudian bola gelinding yang digelar di arena ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *