Selasa , 12 Desember 2017
Home / BENGKULU SELATAN / Dua ASN Terjerat Korupsi Dipecat – Dirwan: Lainnya Menyusul

Dua ASN Terjerat Korupsi Dipecat – Dirwan: Lainnya Menyusul

KOTA MANNA – Bupati Bengkulu Selatan (BS), H. Dirwan Mahmud, SH memastikan akan memecat dua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab BS. Keduanya Bachsin guru SMKN dan Zakaria mantan narapidana Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), dengan kasus berbeda. Bukan hanya keduanya, ASN lain terbukti korupsi juga terancam dipecat.

“SK pemecatan untuk 2 ASN (Bachsin dan Zakaria, red) sudah saya tanda tangani. Ini kita lakukan karena sudah berulang kali mendapat surat peringatan dari BKN. Kalau secara kemanusiaan sebenarnya tidak tega,” kata Dirwan, kemarin (5/12).

Tidak hanya Bachsin guru SMKN dan Zakaria ASN di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) BS, sambung Dirwan, ASN terbukti pada sidang pengadilan Tipikor juga terancam diberhentikan. Lantaran hasil koordinasi dengan pihak BKN, sesuai dengan Undang-Undang ASN yang baru ini berapapun vonis hukuman diterima oleh ASN selama itu kasus korupsi maka sanksinya diberhentikan dengan tidak hormat.

“Itu hasil koordinasi kita dengan BKN. Sekarang ini ASN terbukti melakukan korupsi sanksi dipecat, mau hukumannya di bawah 2 tahun atau tidak. Untuk gaji 2 ASN yang SK pemecatannya sudah keluar, gajinya akan diputus,” tegas Dirwan.

Bila sanksi pemberhentian itu benar-benar direalisasikan, maka diperkirakan ada 4 ASN lagi menyusul akan dipecat karena baru-baru ini diputus bersalah oleh majelis hakim Tipikor. Yakni Mardiansyah dan Suwan, keduanya divonis bersalah oleh majelis hakim Tipikor Bengkulu atas kasus korupsi dana TP PKK.

Kemudian narapidana kasus korupsi optimasi lahan atas nama Erwan Mursidi, Nopi Helmen. Keempat ASN ini divonis bersalah setelah UU ASN tahun 2014 diberlakukan. “Ini harus menjadi perhatian bagi ASN lainnya, agar bekerja sesuai aturan. Jangan sampai dipecat karena terbukti korupsi,” pungkas Dirwan. (key)

Baca Juga ...

Bupati Sidak RSHD, Temukan Atap Bocor

KOTA MANNA – Bupati Bengkulu Selatan (BS), H. Dirwan Mahmud, SH melakukan inspeksi mendadak (sidak) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *