Selasa , 12 Desember 2017
Home / METROPOLIS / Elpiji 3Kg Nonsubsidi Segera Beredar

Elpiji 3Kg Nonsubsidi Segera Beredar

BENGKULU – Pemerintah Pusat mulai tahun 2018 ini benar-benar akan menyalurkan subsidi elpiji tabung 3 kg ke masyarakat kurang mampu tepat sasaran. Pasalnya kuota untuk Provinsi Bengkulu sudah mulai dikurangi sebanyak 100 ribu tabung. Bahkan yang akan berhak menikmati elpiji bersubsidi tersebut hanya warga miskin yang memiliki kartu Bantuan Pangan Non Tunai yang dikeluarkan Kementerian Sosial.

Untuk itu Pemerintah melalui PT pertamina sudah mengeluarkan elpiji 3 kg non subsidi. Bahkan elpiji tersebut sudah mulai diuji coba penjualkanya di daerah pulau Jawa. Communication & Relations Pertamina MOR II Siti Rachmi Indahsari mengakui bahwa penyaluran dan penjualan elpiji 3 kg nonsubsidi sudah dilakukan di Tangerang. Sedangkan untuk wilayah lainnya termasuk Bengkulu pihaknya belum mendapati kepastian dan final penyebaranya.

“Ya memang sudah mulai uji coba. Tapi kami masih menunggu arahan dari pusat kapan disebarkan ke Bengkulu. Sebab kita masih menunggu hasil evaluasi uji pasaranya dulu,” jelasnya kepada RB kemarin.

Dikatakannya, untuk tahun 2018, penyaluran elpiji 3 kg bersubsidi memang dilakukan secara tertutup. Artinya yang berhak menerimanya benar-benar warga miskin. Untuk yang menengah ke atas itu sudah disiapkan elpiji 3 kg nonsubsidi dan 5,5 kg bahkan 12 kg. “Kami akan menyalurkan elpiji 3 kg bersubsidi sesuai petunjuk dari Kementerian Sosial. Sebab Pertamina hanya sebagai pelaksana,’’ paparnya.

Sementara Asisten II Pemprov Drs. Ari Narsa JS mengakui kalau Pemprov sudah memperketat penyaluran elpiji 3 kg bersubsidi. Bahkan sudah dibentuk tim satgas untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan di setiap pangkalan. Tujuanya agar elpiji itu tepat sasaran dan dinikmati masyarakat kurang mampu.

“Kini Tim Satgas mengawasi pangkalan dan agen sudah dibentuk. Selama ini banyak subsidi elpiji tidak tepat sasaran. Artinya dinikmati usaha restoran, rumah tangga mampu,’’ ujarnya.

Bahkan tahun 2018, kuota elpiji 3 kg bersubsidi dikurangi 100 ribu tabung. Data penerima subsidi itu memang medapatkan kartu dari Kemensos. Dimana kartu itu sudah diisi voucher yang tidak hanya bisa membeli elpiji, tetapi juga pangan dan kebutuhan lainnya. “Data warga miskin yang sah itu satu sumber yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bekerjasama dengan Dinas Sosial,’’ pungkasnya.(che)

Baca Juga ...

Bengkulu, Kota Peduli HAM

BENGKULU – Segudang prestasi kembali diraih oleh Pemerintah Kota (Pemkot) di era kepemimpinan Walikota, H. ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *