Selasa , 12 Desember 2017
Home / MUKOMUKO / UMK Dipastikan Tidak Jauh dari UMP

UMK Dipastikan Tidak Jauh dari UMP

BURUH: Sejumlah buruh yang tergabung dalam PUK SPAI FSPMI PT. DDP saat melakukan kegiatan.

MUKOMUKO – Meski Upah Minum Kabupaten (UMK) belum diputuskan, dipastikan besarannya tidak jauh dari Upah Minimum Provinsi (UMP) Bengkulu sebesar Rp  1,8 juta tahun 2018. Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan dan Tenaga Kerja (DPMPPTK) Mukomuko, Edi Kasman, SH mengatakan besaran UMK akan dibahas dalam waktu dekat bersama tim yang sudah dibentuk beberapa waktu lalu.

“Tim sudah dibentuk, tinggal menggelar rapat untuk memutuskan berapa UMK Mukomuko. Kami pastikan, besaran UMK tidak jauh dari UMP Bengkulu,” kata Edi.

Kendati UMK Mukomuko belum ada, namun belum ada perusahaan yang memberi upah pada tenaga kerjanya di bawah UMP. Justru sebaliknya, banyak perusahaan memberi upah di atas dari UMP. “Bisa dicek ke lapangan. Justru rata-rata tenaga kerja yang bekerja di perusahaan upahnya di atas Rp 2 – 3 juta per bulan. Artinya upah yang diberikan itu jauh di atas UMP,” tambah Edi.

Edi juga mengakui, UMP di Bengkulu masih sangat kecil jika dibanding nilai perputaran rupiah di Provinsi Bengkulu, khususnya di Kabupaten Mukomuko. “Kami menilai masih kecil sekali. Bayangkan, tukang dodos saja hasil per harinya bisa mencapai Rp 200 ribu. Kalau sebulan, mereka bisa bergaji Rp 6 juta. Itulah sebabnya, jika upah yang diterima tenaga kerja standar dengan UMP, kami pastikan perekonomian masyarakat sulit berkembang,” demikian Edi.(hue)

Baca Juga ...

18 BB dan Uang Tunai Rp 44,5 Jt Diamankan

PENARIK –Satreskrim Polres Mukomuko berhasil melakukan penangkapan aksi perjudian bola gelinding yang digelar di arena ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *