Selasa , 23 Januari 2018
Home / BERITA UTAMA / Soal Pengangkatan Rohidin, Tunggu 7 Hari

Soal Pengangkatan Rohidin, Tunggu 7 Hari

BENGKULU– Kepala  Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Arief M Edie angkat bicara terkait vonis yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Tipikor Bengkulu terhadap Gubernur Bengkulu (nonaktif), Ridwan Mukti. Kemendagri bisa memproses pemberhentian tetap RM dan mengangkat Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA setelah ada putusan berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

Masih ada potensi upaya banding yang dilakukan oleh pihak terkait. “Pertama soal vonis kami belum dapat kabarnya. Terus untuk pelantikan Gubernur definitif belum bisa berdasarkan vonis (PN Tipikor,red). Masih ada upaya hukum lainnya selama 7 hari setelah pembacaan putusan. Intinya kita tunggu apakah sebatas vonis, atau masih ada upaya banding. Kalau banding artinya Bengkulu masih dipimpin seorang Plt,” terang Arief.

Teknisnya kata Arief, jika RM tidak banding atas vonis dari majelis hakim, legislatif perlu melaksanakan rapat paripurna. Dalam rapat paripurna itu setelah yang bersangkutan dinyatakan sudah menjalani keputusan tetap. “DPRD-nya, yang harus menyiapkan usulan ke Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri. Mengusulkan Wakil Gubernur yang naik menjadi Gubernur yang definitif,” imbuh Arief.(rif).

Baca Juga ...

Budiman Dilarang Mutasikan Pejabat

BENGKULU–  Pascaberakhirnya masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota, Helmi Hasan-Patriana Sosialinda pada 21 Januari,  Senin ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *