Home / CURUP / Tuntaskan 36 Kasus Disiplin

Tuntaskan 36 Kasus Disiplin

ABSEN: Salah satu upaya peningkatan disiplin ASN, Rejang Lebong sejak Januari 2018 menerapkan absensi sidik jari atau Finger Print.

CURUP – Inspektorat Daerah (Ipda) Kabupaten Rejang Lebong setidakdnya menyelesaikan pemeriksaan 36 kasus terkait pelanggaran disiplin di lingkungan Pemkab Rejang Lebong Selama tahun 2017. Bahkan 20 diantaranya mendapatkan sanksi berat, mulai dari nonjob, turun pangkat hingga pemecatan.

”Dari 36 pemeriksaan, rekomendasi dan penjatuhan sanksi, 20 diberikan sanksi berat berupa nonjob, turun pangkat, bahkan 3 orang sudah dipecat. Sedangkan sisanya sanksi yang diberikan beragam, sanksi sedang dan ringan dari pemeriksaan khusus disiplin dan penyimpangan,” terangka Plt. Inspektur Ipda Rejang Lebong Dr. Hambali, M.Pd, MH kepada RB.

Selain itu, sambung Hambali, mereka juga menangani setidaknya 15 pemeriksaan khusus usulan atau pengaduan perceraian. Dimana 9 diantaranya berhasil digagalkan alias rujuk kembali. Hanya ada 6 pemeriksaan yang berakhir dengan perceraian. ”Kalau untuk Pemeriksaan Khusus Kehilangan (aset, red) ada 6 kasus. Yakni 2 pemeriksaan terkait hilangnya dana desa dan itupun hasilnya sudah dikembalikan dengan nilai Rp lebih kurang 160 juta lebih dan lainnya terkait aset kendaraan,” sambung Hambali.

Ditambahkan Hambali, upaya penegakan dan motivasi untuk kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) terus dilakukan Pemkab Rejang Lebong. Seperti penerapan absen dengan finger print dan pemberian TPP untuk motivasi. ”Serta meningkatkan sosialisasi dan pemahaman berbagai aturan perundang-undangan dan perubahannya terkait ASN,” demikian Hambali.(dtk)

Baca Juga ...

Tsk Pungli Ditahan Jaksa

CURUP – Penyidik Unit Tipikor Satreskrim Polres Rejang Lebong (RL) akhirnya menuntaskan Berkas Perkara (BP) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.