Home / BENGKULU SELATAN / 2 Mantan Kades Ajukan Penangguhan dan 1 DPO

2 Mantan Kades Ajukan Penangguhan dan 1 DPO

KOTA MANNA – Tersangka kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) inisial Sa masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Mantan Kades Padang Beriang Kecamatan Pino Raya menjadi buronan polisi setelah mangkir dari pemanggilan dan menghilang dari desa. Sementara 2 rekannya mantan kades Selali dan Tungkal 2 sudah mendekam di sel tahanan Mapolres BS.

Kapolres BS AKBP. Ordiva, S.IK melalui Kasat Reskrim Iptu. Ahmad Khairuman, SE didampingi Kanit Tipidkor Polres BS Ipda. Denny Siregar, SH, MH, membenarkan status tersangka dugaan korupsi Penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) di Desa Padang Beriang insial Sa sudah ditetapkan DPO. Disinyalir tersangka kabur ke pulau Jawa dan bersembunyi di daerah Jawa Barat.

“Tersangka Sa masih dalam pengejaran kita, meskipun dia sudah diluar Sumatera tetap akan kita buru. Lebih baik kooperatif dengan penyidik, serahkan diri baik-baik. Tidak akan selamanya bisa bersembunyi,” kata Kanit.

Sementara untuk 2 tersangka dengan kasus yang sama tapi TKP berbeda, mantan Kades Selali AZ alias Iw dan mantan Kades Tungkal 2 inisial He diakui Kanit, dua tersangka ini mengajukan permohonan penangguhan penahanan. Keduanya memohon agar status mereka sebagai tahanan menjadi wajib lapor. “Mereka sudah mengajukan permohonan penangguhan, tapi diterima atau tidaknya, itu tergantung atasan (Kapolres-red),” jelas Kanit.

Ditambahkan Kanit, hasil audit BPKP Bengkulu terdapat kerugian negara hampir mencapai Rp 1 miliar untuk 3 kasus dugaan korupsi DD atau penggunaan APBDes ini. Meliputi kerugian negara yang timbul di Desa Padang Beriang sebesar Rp 154 juta lebih, Desa Tungkal 2 Rp 313 juta dan terbesar di Desa Selali Rp 362 juta.

“Khusus untuk Tungkal 2 sudah kembalikan Rp 50 juta. Sedangkan yang lain sudah kita imbau untuk kembalikan uang negara ini. Memang pengembalian tidak bisa menghentikan pidana, tapi ini bisa menjadi pertimbangan hakim untuk meringankan hukuman,” demikian Kanit.(key)

Baca Juga ...

Bobol Rumah, Residivis Berhasil Diciduk Polisi

KOTA MANNA – Warga Jalan Letkol Herman Haris Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Kota Manna Kabupaten ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *