Home / METROPOLIS / Bengkulu Sulit Embarkasi Penuh

Bengkulu Sulit Embarkasi Penuh

BENGKULU – Diprediksi sampai akhir tahun 2021 mendatang, pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Provinsi Bengkulu di Bandara Fatmawati Bengkulu masih akan berstatus Embarkasi Antara. Pasalnya untuk menjadi Embarkasi penuh sangat sulit. Walaupun Bandara Fatmawati sudah bertaraf internasional.

Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H Ramlan, M.HI mengatakan berubahnya status bandara Fatmawati bertaraf internasional belum bisa menjamin ditetapkannya Bengkulu menjadi Embarkasi penuh. Pasalnya Bengkulu masih banyak kekurangan fasilitas berupa gudang penyimpanan barang jamaah haji serta kondisi asrama yang belum mampu menampung satu kloter calon jamaah haji.

“Tahun 2019 kita baru berusaha melengkapi fasilitas pendukung. Sebab yang bisa menjadikan Embarkasi penuh itu fasilitas asrama dan penyimpanan barang serta bangunan lainnya harus lengkap. Selain itu CJH yang diberangkatkan juga minimal 4 ribuan,” Ujar Ramlan kepada RB kemarin.

Dikatakan Ramlan, saat ini kuota CJH Bengkulu hanya sebanyak 1.641 orang. Kemudian daftar tunggu masih 20 ribuan yang tersebar di 10 Kabupaten/kota. Sehingga masih butuh tambahan dari beberapa provinsi lainnya. Sehingga Bengkulu sampai dengan ditetapkannya Embarkasi penuh, masih akan memberangkatan JCH melalui Embarkasi Padang.

“Tahun ini (2018, red) kuota belum ada tanda-tanda akan bertambah. Begitu juga soal tarif ongkos rencana kenaikan 5 persen belum ada regulasinya. Untuk itu CJH yang sudah masuk daftar pemberangkatan dapat mempersiapkan diri,” jelasnya.

Sementara Kepala Biro Kesra dan Pemerintahan Pemprov Bengkulu, Rehal Ikmal, SH, M.Si melalui Kabag Agama, Algazali mengatakan setiap tahun Pemprov harus menganggarkan dana Rp 7 miliar lebih. Dana itu untuk subsidi transportasi CJH dari Bengkulu ke Padang. Selain itu untuk biaya pemberangkatan CJH mulai dari Embarkasi Antara menuju Bandara.

“Sekarang anggaran yang sudah ada di APBD 2018 sebesar Rp 7,5 miliar. Dana itu untuk ongkos CJH sebanyak 1.641 orang pulang pergi ke Bengkulu-Padang. Baik pemberangkatan dan Pemulangan pada musim haji,’’ jelasnya.(che)

Baca Juga ...

Satpol PP Amankan Remaja Minum Tuak

BENGKULU – Belasan remaja yang masih di bawah umur kemarin malam (18/10) diamankan Satpol PP ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.