Home / BENGKULU UTARA / Dua Penderita HIV Meninggal

Dua Penderita HIV Meninggal

ARGA MAKMUR – Pada 2017 lalu, ada 8 masyarakat Bengkulu Utara (BU) positif mengidap Human Immunodeficiency Virus (HIV). Bahkan Desember lalu, dua diantaranya meninggal dunia lantaran pengakit yang belum ditemukan obatnya tersebut. Meskipun keduanya sudah menjadi pasien pengawasan Dinas Kesehatan dan mendapatkan pasokan obat gratis dari Dinkes.

Kabid Penyakit Berbahaya Dinas Kesehatan BU, Ujang Ismail, M.Kes menerangkan, jika dua lagi penderita yang terdata adalah penderita baru yang diketahui akhir tahun ini. Penyakit ini diketahui setelah penderita berobat di RSUD.

“Jadi totalnya 6 orang, setelah dua diantara meninggal dunia. Kini keenam orang tersebut kita berikan perhatian khusus dan obat rutin,” katanya, kemarin (12/1).

Dari enam orang, empat diantaranya adalah perempuan berumur 30 – 40 tahun atau usia produktif. Kuat dugaan jika mereka tertular HIV dari prilaku seks bebas. Bahkan, disinyalir sudah ada orang lain yang juga tertular dari hubungan seks dengan keempat wanita tersebut.

“Potensi untuk menularkan ke orang lain. Kini kondisinya kita pantau termasuk jika memang yang bersangkutan nanti hamil,” ujarnya.

Ia tidak melarang jika keempat wanita pengidap HIV tersebut menikah dan mengandung. Dinkes yang terus memantau kondisi masing-masing pasien tersebut akan memberikan anti virus khusus janin bagi penderita sehingga janin tidak tertular.

“Jadi bukan tidak boleh hamil, jika hamil kita berikan perawatan dan anti virus khusus. Jadi nantinya saat bayi terlahir tidak akan terjangit HIV,” terangnya.

Saat ini selain pendampingan pengobatan Dinas Kesehatan BU juga memberikan konseling bagi penderita agar tetap bisa berbaur di masyarakat dan mengubah pola hidup. Selain tidak menularkan ke orang lain, mengubah pola hidup juga bisa melawan penyakit HIV.

“Kita berikan konseling bagi mereka yang sakit, meskipun bukan konseling khusus, tapi tetap kita ingatkan untuk mengubah pola hidup,” pungkas Ujang. (qia)

Baca Juga ...

BU Jadi Tujuan TKA

ARGA MAKMUR – Kabupaten Bengkulu Utara menjadi salah satu daerah yang jadi tujuan tenaga kerja ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *