Home / SELUMA / Enam Satwa Liar Dibawa ke PPS

Enam Satwa Liar Dibawa ke PPS

BARANG BUKTI: Siamang ekor pendek yang masih dititipkan oleh penyidik Polres Seluma di kantor KSDA wilayah II Seluma. Hewan ini akan dilepas di PPS.

SELUMA – BKSDA Provinsi Bengkulu berencana melepas liarkan enam satwa dilindungi yang dititipkan oleh Polres Seluma. Satwa itu hasil penyitaan dari masyarakat, terdiri atas empat siamang ekor pendek dan dua burung elang.

Rencananya, satwa liar itu akan dibawa ke pusat penyelamatan satwa (PPS) yang gedungnya saat ini sedang dibangun di Semidang Bukit Kabu, Kecamatan Sukaraja.

Kepala Seksi KSDA Wilayah II Seluma, Darwis Saragih mengatakan bahwa lokasi PPS luasnya sekitar 2 hektare. Di sana nanti semua satwa liar akan dilatih hidup di alam terbuka atau hutan sampai terbiasa beradaptasi sebelum dilepasliarkan ke hutan Semidag Bukit Kabu yang luasnya mencapai 400 hektare.

“Saya pastikan dalam waktu dekat ini satwa-satwa yang dilindungi ini akan kita bawa ke PPS yang kita bangun di Semidang Bukit Kabu. Nanti satwa-satwa ini perlu pelatihan bagaimana menyesuaikan diri dengan alam liar, kondisi lingkungan dan makanan. Setelah dilatih baru kita lepas liarkan di sana,” ujar Darwis.

Pihaknya juga akan menempatkan atau menugaskan pelatih dan perawat satwa termasuk 1 orang dokter hewan di sana. Lokasi PPS itu nanti, kata Darwis juga dijadikan tempat karantina seluruh satwa liar yang tertangkap oleh masyarakat ataupun yang diamankan oleh polisi.

“Sementara ini baru enam satwa itu yang kita amankan (titipan Polres). Kedepan bila ada satwa-satwa lain yang tertangkap atau diserahkan oleh masyarakat, misalnya seperti beruang akan kita bawa juga ke PPS,” demikian Darwis.(tew)

Baca Juga ...

Murid SD Dilarikan Pria Bermotor

SELUMA –  Bocah perempuan, murid III di salah satu SD di Kecamatan Semidang Alas Maras ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *