Home / SELUMA / Geber Kasus Korupsi DD

Geber Kasus Korupsi DD

KASUS DD: Penyidik Tipidkor Satreskrim Polres Seluma memeriksa 4 saksi dalam kasus dugaan penyelewengan dana desa (DD) di Desa Maras Bantan.

SELUMA – Sehari setelah meningkatkan status kasus dugaan korupsi dana desa (DD) Maras Bantan, Kecamatan SAM dari penyelidikan ke penyidikan, penyidik Tipidkor Polres Seluma langsung melakukan pemeriksaan saksi. Ada empat saksi yang diperiksa dalam 1 ruangan, kemarin (12/1), yakni tiga perangkat desa dan satu tokoh masyarakat setempat.

Mereka, masing-masing 2 orang bendahara desa tahun 2016 yakni Eko Sipto (29) dan Rukilah (37), kemudian Teten (27) selaku Kaur Kesra yang sampai saat ini masih aktif. Penyidik juga menghadirkan Dukiman (51), tokoh masyarakat Desa Maras Bantan.

Masing-masing saksi diperiksa selama 6 jam dari pukul 09.00 sampai 14.00 WIB. Mereka dicecar dengan 50 pertanyaan. Intinya, saksi ditanya seputar penggunaan dana desa di tahun 2016. Terutama pekerjaan fisik seperti pembangunan gorong-gorong, tapal batas, peningkatan gedung Paud yang diduga tidak dilaksanakan.

“Beberapa pekerjaan fisik itu gedung sudah ada, tapi tidak dilaksanakan peningkatan bangunan. Ini dibuktikan dengan honor perangkat yang nihil dan tidak ada laporan pertanggung jawabannya (LPj),” kata Kapolres Seluma AKBP. Jeki Rahmat Mustika, S.Ik melalui Kasat Reskrim AKP. Margopo, SH dan Paur Humas Ipda. Agus Sulistianto.

Dikatakan Agus, masih banyak saksi-saksi lainnya akan dipanggil untuk diperiksa. Termasuk mantan kades Zainal Mangkubono yang kini masih mendekam di lapas Bentiring Kota Bengkulu akibat tersandung kasus narkoba.

“Untuk mantan kades, nanti kita periksa juga. Mungkin penyidik yang akan pergi ke lapas dan pemeriksaan dilakukan di lapas,” kata Agus.

Dalam waktu dekat, sambung Agus penyidik juga akan turun ke lapangan (Desa Maras Bantan) untuk mengecek fisik pekerjaan sembari mencari mengumpulkan alat bukti.

Untuk diketahui, kasus ini mulai diusut oleh penyidik Tipidkor Polres Seluma sejak adanya temuan Inspektorat Seluma bahwa dari total Rp. 927.538.327 anggaran Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat ke Desa Maras Bantan ada penggunaan dana Rp 343.926.177 yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.(tew)

Baca Juga ...

Bimtek Verifikasi BDT

SELUMA – Menyukseskan verifikasi Basis Data Terpadu (BDT) desa/kelurahan yang akan digelar serentak se Kabupaten ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.