Home / MUKOMUKO / Kejari Lidik Jalan Prov Rp 1,5 Miliar

Kejari Lidik Jalan Prov Rp 1,5 Miliar

MUKOMUKO – Kejaksaan Negeri (Kejari) Mukomuko sekarang sedang menangani kasus dugaan korupsi pembangunan ruas jalan provinsi di Kabupaten Mukomuko. Penyelidikan ini sudah cukup lama. Bahkan Kejari telah meminta tim ahli dari salahsatu perguruan tinggi melakukan penghitungan kerugian Negara (KN) atas proyek tersebut.

Tetapi Kajari Mukomuko Agus Irawan Yustisianto, SH, MH belum berani membuka secara gamblang proyek jalan yang dilidik itu. Tapi ia menyebut nilai kontrak proyek itu sekitar Rp 1,5 miliar tahun anggaran 2016.

Kalau penelusuran RB di laman website Sistem Informasi Rencan Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) tahun 2016 Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu ada dua item kegiatan pembangunan ruas jalan provinsi di Mukomuko yang pagu anggaran kurang dari Rp 2 miliar.

AdalahpPembangunan jalan Lubuk Gedang-SP6 (Ag.Jaya-SP3 Selagan Jaya), serta Pembangunan jalan Tanah Rekah-SP4 Teras Terunjam. Tetapi saat ditelusuri pada laman LPSE Pemprov, laman tersebut tidak bisa diakses.

‘’Proses penyelidikannya hampir final. Kalau tidak ada kendala teknis, dalam waktu dekat akan dilakukan gelar perkara. Proyek pembangunan di salah satu titik jalan provinsi tahun anggaran 2016 lalu dengan nilai kontrak sekitar Rp 1,5 miliar,” terang Kajari tanpa mengungkap titik lokasi proyek yang dilidik tersebut.

Lanjut Kajari, pihaknya telah menurunkan tim ke lokasi jalan dimaksud. Dan sudah digelar pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Mulai pihak swasta maupun Aparatur Sipil Negara (ASN). ‘’Sekarang sedang dilakukan perhitungan kerugian negara melibatkan pihak ketiga,” terangnya.

Diakui Kajari, penyelidikan kasus dugaan korupsi jalan milik provinsi tersebut bermula dari perintah langsung dari Kejaksaan Agung (Kejagung) serta Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu. Lantaran ada laporan langsung yang masuk ke Kejagung.

‘’Karena locusnya di Kabupaten Mukomuko, akhirnya dari Kejagung turun ke Kejati Bengkulu dan dari Kejati lalu turun ke Kejari Mukomuko,” demikian Agus.(hue)

Baca Juga ...

PBB dan Garuda Tanpa Bacaleg

MUKOMUKO –Ada dua partai politik (Parpol) di Kabupaten Mukomuko yang tak dapat bakal calon anggota ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.