Home / BENGKULU UTARA / Maret Sawah Kemumu Ditanam Padi

Maret Sawah Kemumu Ditanam Padi

ALIH FUNGSI: Lahan sawah seluas 150 hektare yang kini beralih fungsi menjadi kebun jagung. Hal ini mengancam program swasembada pangan BU dan baru kembali menjadi sawah Maret nanti.

ARGA MAKMUR – Saat ini 150 hektare lokasi persawahan Arma Jaya, Arga Makmur dan Hulu Palik berubah menjadi perkebunan jagung. Lokasi persawahan ini adalah sawah yang memang dialiri oleh aliran Air Kemumu Arga Makmur.

Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) BU, Darlis, SP menerangkan, pihaknya sudah mengumpulkan seluruh kelompok tani terkait sawah yang kini dialihfungsikan menjadi perkebunan jagung. Hal ini dilakukan lantaran hingga akhir tahun lalu sawah belum dialiri air karena perbaikan irigasi belum tuntas.

“Sekarang perbaikan sudah selesai dan memang air belum dialirkan karena kini lokasi persawahan sudah menjadi perkebunan jagung yang tentunya tidak bisa dialiri air,” katanya, kemarin (12/1).

Namun sebagian besar jagung milik warga sudah akan panen bulan depan. Sehingga Maret musim tanam pertama tahun ini sudah bisa dimulai. Apalagi, seluruh jaringan air Kemumu sudah lancar dan tidak ada perbaikan untuk tahun ini.

“Kita mengejar. Karena dengan hilangnya satu musim tanam, 650 ton beras yang hilang tahun ini,” terangnya.

Namun ia yakin jika hilangnya potensi beras 650 ton tersebut bisa dikejar lantaran tahun ini adalah cetak sawah baru milik masyarakat. Sawah-sawah tersebut akan menghasilkan padi lebih dari 650 ton.

“Tahun ini kita juga memiliki program cetak sawah baru. Ini tentunya mendongkrak beras di BU. Selain memang kita juga mengarahkan musim tanam terakhir untuk menanam jagung atau palawija,” pungkas Darlis. (qia)

Baca Juga ...

Ijazah Bacaleg Bermasalah

ARGA MAKMUR – KPU BU melakukan verifikasi pada seluruh parpol yang menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.