Home / METROPOLIS / Masjid Raya Akan Dibangun Megah

Masjid Raya Akan Dibangun Megah

MEGAH: Masjid Raya Baitul Izzah, Padang Harapan tahun ini akan direhab dengan anggaran Rp 11 miliar

BENGKULU – Menyambut Wonderful 2020 dan Bengkulu Emas tahun ini, Plt Gubernur Bengkulu, Dr. drh. Rohidin Mersyah, MMA tidak hanya memperhatikan objek wisata dan infrastruktur jalan saja. Tidak kalah menarik, tempat ibadah pun ikut menjadi pusat perhatiannya. Masjid Raya Baitul Izzah di simpang Padang Harapan, tahun ini akan disulap menjadi ikon baru Provinsi Bengkulu.

Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini direncanakan akan menjadi tempat wisata religi. Untuk mewujudkan hal itu, digelontorkan anggaran sebesar Rp 11,3 miliar. Rinciannya, Rp 11,3 miliar dari APBN yang dialokasikan melalui Dinas PUPR dan Rp 1,6 miliar dari APBD dialokasikan ke BPKD melalui pos kegiatan non fisik.

Plt Guberur Bengkulu, Rohidin Mersyah membenarkan rencana pengembangan sarana ibadah Masjid Raya Baitul Izzah tahun 2018. Bahkan rencana itu telah dipresentasekan perencanaannya, terutama menyambung kontruksi bangunan antara Baitul Izzah dan Islamic Centre. “Dalam konsep yang dipresentasikan baru-baru ini, memang bentuknya lebih bagus dan megah. Kontruksi terpisah antara Islamic Centre dan masjid utamanya yang ada selama ini, akan disatukan. Sehingga lebih terlihat besar dipandang dari jalan,” terang Rohidin.

Selain itu kata Rohidin, penataan halaman, tempat duduk, termasuk pengadaan karpet dan sebagainya akan diganti dengan yang lebih cantik. “Pokoknya pembangunan tahun ini lebih sesuai harapan dari masyarakat Bengkulu. Bangunan yang representatif untuk ibadah  di Bengkulu. Selain itu menjadi objek wisata baru bagi Bengkulu dan jadi ikon lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Masjid Raya Baitul Izzah, H.M Zainawi Yazid, SH, mendukung upaya pengembangan Masjir Raya tersebut. “Inovasi pak Rohidin ini memang luar biasa. Bentuk masjid nanti tetap sekarang, namun akan dipoles dengan cat berwarna emas dan lis kemerah-merahan. Interiornya akan dipasang granit semua sekeliling, dengan plapon PVC. Bentuk awannya tetap ada, tapi bahannya lebih baik dari yang sekarang,” jelasnya.

Termasuk tiang-tiangnya kata Zainawi, juga memakai granit. “Selama ini sudah dipasang separoh granit dan pembangunan tahun ini, sampai ke pucuk kelak, bahannya lebih bagus lagi, biar kesan masjid ini ke depannya bukan hanya sekedar ibadah, akan tetapi jadi icon daerah Bengkulu. Nyaman, masjid terbuka terlihat dari jalan begitu megah. Kubah tinggi Islamic Centre akan dilepas, jadi cukup 1 kubah yang tinggi dan kontruksi bangunannya disambung, sehingga terlihat lebih besar dan lebih luas,” imbuh Zainawi.

Untuk kubah atap masjid utama kata Zainawi, Akan dilapisi dengan bahasnya  bisa berwarna warni memancarkan cahaya yang lebih canti di malam hari. Bahan itu tidak lapuk karena  hujan dan panas. “Intinya kita jadikan masjid menjadi Icon Wisata. Halaman juga diperbaiki, kemungkinan kelak akan disamakan ketinggiannya dengan jalan. Pagarnya lebih diperindah, pakai pintu gerbang, kemudian tempat wisata, relief dan ada fasilitas ATM yang dekat dengan kantin.,” paparnya.

Diakui Zainawi, jika semangat membangun Plt Gubernur Bengkulu sangat tinggi. Dalam catatannya, jika Rohidin merupakan pejabat yang ketiga memperhatikan pembangunan Masjid Raya Baitul Izzah, sebelumnya dilakukan pembangunan yang pertamakali masa pejabat Saparudin AR, kemudian Gubernur Ajis Ahmad dan terakhir pembangunan dengan kucuran anggaran miliaran dari Rohidin.(rif)

Baca Juga ...

Tahan UP, Indikasi Mala Administrasi

BENGKULU – Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu dalam waktu dekat ini akan segera memanggil Kepala Badan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *