Home / BENGKULU SELATAN / Mau Daftar Nikah, Catin Ditolak KUA

Mau Daftar Nikah, Catin Ditolak KUA

LAYANI: Petugas KUA Kota Manna saat melayani masyarakat mengurusi persyaratan surat nikah.

KOTA MANNA – KUA Kota Manna dibawah pimpinan Etrisno, M.HI menolak pendaftaran Calon Pengantin (Catin). Namun penolakan ini bukan tanpa sebab, pendaftaran catin ditolak karena usia catin laki-laki yang belum memenuhi syarat sesuai dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 11 Tahun 2007.

Dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), H. Arsan S Ibrahim, penolakan pendaftaran catin bisa dilakukan jika persyaratan catin tidak sesuai dengan Peraturaan Menteri Agama Nomor  11 Tahun 2017 Tentang Pencatatan Nikah.

Tertuang dalam BAB IV pasal 8 menyebut bahwa apabila  seorang calon suami belum mencapai umur 19 tahun, dan calon istri belum mencapai umur 16 tahun harus mendapat dispensasi dari Pengadilan Agama (PA). Sementara saat mendaftar dispensasi ini belum diikutsertakan. “Sesuai Peraturan Mentri Agama no 11 tahun 2007 tersebut maka atas dasar PMA tersebut KUA Kota Manna mengeluarkan blanko N9 penolakan  pernikahan,” ujar Kakan.

Dalam kasus ini tercatat sesuai dengan akta kelahiran catin pria masih berumur 18 tahun dan dinyatakan belum memenuhi syarat. Sedangkan catin perempuan berumur 19 tahun dan telah memenuhi syarat. Lantaran catin pria masih berumur 18 tahun maka harus ada surat dispensasi dari PA Manna.

“Blanko N9 penolakan pernikahan ditujukan kepada pengadilan agama BS. Untuk selanjutnya oleh catin terlebih dahulu mengurus surat dispensasi dari pengadilan agama. Barulah pihak KUA dapat memproses lebih lanjut untuk mendaftarkan catin ketahapan selanjutnya,” beber Kakan.

Ditambahkan Kepala KUA Kota Manna Etrisno. berharap kedepan pihakanya dapat melakukan sosialisasi tentang PMA No.11 tahun 2017 kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat memahami tentang aturan pernikahan yang ada. Dengan disosialisasikannya peraturan tersebut, juga diharapkan dapat menekan angka pernikahan dibawah umur.(key)

Baca Juga ...

Bobol Rumah, Residivis Berhasil Diciduk Polisi

KOTA MANNA – Warga Jalan Letkol Herman Haris Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Kota Manna Kabupaten ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *