Home / METROPOLIS / Plt Gub Dukung Gaji Dipotong Zakat

Plt Gub Dukung Gaji Dipotong Zakat

BENGKULU – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Dr. drh. H Rohidin Mersyah, MMA mengatakan mendukung rencana pemotongan gaji baik itu PNS, karyawan serta anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota untuk dibayarkan zakat melalui Baznas Provinsi setiap bulannya.

Bahkan dirinya akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) agar terutama PNS di lingkungan Pemda Provinsi dan Kabupaten/kota termasuk karyawan swasta untuk dapat membayarkan zakatnya melalui gaji. “Dulu memang pernah regulasinya akan dibuatkan Pergub. Tetapi karena ada perbahan struktur organisasi maka tertunda. Nah ke depan ini kita akan keluarga Surat Edaran. Tujuannya tidak lain agar pengumpulan zakat itu lebih efektif,” ujar Rohidin kepada RB kemarin.

Dikatakan Rohidin, dalam SE nantinya itu bukan persoalan pemotongannya, tetapi Pemprov jusru memberikan saluran kepada PNS serta instansi vertical lainnya untuk dapat menunaikan kewajibannya setiap bulan.  Terutama bagi umat islam yang memang diwajibkan untuk membayar zakat 2,5 persen dari penghasilan setiap bulannya.

“Intinya SE nantinya hanya menekankan dan memberikan fasilitas atau media agar umat islam dapat melaksanakan kewajibannya setiap bulan,” jelasnya. Sebab dampak positifnya cukup besar. Zakat yang dikumpulkan di Baznas nantinya disalurkan kepada yang benar-benar berhak menerimanya. Selain itu yang membayar zakat juga tentunya akan mendapatkan amal ibadahnya.

“Jadi kita akan akomodir usulan dari Baznas Provinsi Bengkulu. Artinya pemberlakuannya nanti tidak hanya di lingkungan Pemprov, tetapi seluruh Pemda di Kabupaten/kota,’’ jelasnya. Sementara Ketua Fraksi PAN DPRD Provinsi Bengkulu H Parial, SH, MH sangat mendukung upaya menyadarkan masyarakat untuk membayar zakat tersebut. Terutama kalangan PNS dan karyawan baik di BUMD dan swasta lainnya. Bahkan DPRD juga sudah sepatutnya memang bisa dipotong langsung melalui gaji setiap bulannya.

“Saya rasa memang tidak memberatkan kalau potongannya hanya 2,5 persen dari gaji. Itupun untuk amal ibadah. Membayar zakat itu memang wajib dan sebagian harta untuk pakir miskin. Untuk itu saya pribadi sangat mendukung zakat diambil setiap bulan melalui gaji,’’ ujar Parial.

Lanjut Parial, manfaatnya selain akan mengurangi beban yang jika tidak dipotong belum tentu dibayarkan, juga akan meringankan umat muslim tidak perlu lagi jauh-jauh mengantarkan zakat. Tetapi cukup melalui Baznas bisa disalurkan sesuai harapan. “Jadi kita berharap memang pengumpulan zakat benar-benar dimaksimalkan. Kemudian penyalurannya harus tepat sasaran. Sehingga usaha pemerintah mengurangi angka kemiskinan juga bisa dibantu melalui Baznas,” pungkasnya.(che)

Baca Juga ...

Satpol PP Amankan Remaja Minum Tuak

BENGKULU – Belasan remaja yang masih di bawah umur kemarin malam (18/10) diamankan Satpol PP ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.