Home / SELUMA / Tempat Pengandangan Ternak

Tempat Pengandangan Ternak

SELUMA – Pascadiserahnya kantor bekas Diklat di Kelurahan Bunga Mas oleh Bupati Seluma H.Bundra Jaya, SH, MH kepada Satpol PP dan Damkar, kini sebagian lahan kantor dijadikan tempat pengandangan ternak  hasil razia. Ini disampaikan Kasatpol PP-Damkar Hadi Sanjaya, SH.

“Karena kantor kita yang baru ini lumayan luas, sebagian lahan kita

jadikan tempat pelatihan dan pendidikan dasar anggota dan sebagian lagi tempat pengandangan hewan ternak liar, terutama sapi yang masih sering dilepas liarkan oleh masyarakat di jalan,” ujar Hadi.

Dikatakan Hadi, selama tahun 2017 memang pihaknya belum bisa bergerak untuk melakukan penertiban hewan ternak karena terkendala anggaran dan tempat pengandangan. Namun Hadi mengaku sudah 2 kali memberikan surat peringatan melalui masing-masing lurah.

“Surat peringatan pertama dan kedua sudah kita kirim ke lurah untuk diteruskan dan memusyawarahkan kepada masyarakat agar mereka menertibkan sendiri hewan ternak itu dengan sukarela. Nanti kita lihat kalau masih ada yang melepas liarkan sapi sampai ke jalan, kita berikan surat peringatan terakhir,” ujar Hadi.

Kalau sudah tiga kali diperingati namun tidak juga dilaksanakan, barulah Satpol PP akan turun ke jalan melakukan penertiban. Sapi-sapi yang tertangkap disaat razia nanti, kata Hadi akan langsung dibawa ke kantor dan dikandangkan. Jika pemilik ingin mengambilnya kemungkinan akan dikenakan biaya pemeliharaan selama sapi itu dikandangkan.

Banyaknya sapi yang berkeliaran atau dilepas di pinggir jalan selain mengganggu pemandangan juga membahayakan keselamatan pengendara. “Memang harus ditertibkan karena berbahaya. Belum lagi kotorannya itu yang berserakan kemana-mana,” demikian Hadi.(tew)

 

Baca Juga ...

9 Desa, Terancam Tidak Terima DD/ADD Tahap II

SELUMA – Ada sembilan desa yang tersebar di lima kecamatan terancam tidak akan menerima Dana ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.