Home / METROPOLIS / Bantuan PKH Cair Bulan Ini

Bantuan PKH Cair Bulan Ini

BENGKULU – Ini kabar gembira bagi masyarakat kurang mampu penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Kementerian Sosial (Kemensos) sudah menyalurkan anggaran bantuan PKH untuk segera dibagikan. Pencairanya akan dilakukan bulan ini.

Selain itu untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kota Bengkulu, pembagiannya akan dilakukan dengan launcing  elektronik warung (e-Warung) pada 25 Februari mendatang.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu, Dr. Drs. H Iskandar ZO, SH, MSi mengatakan pihaknya saat ini tinggal menunggu proses di bank. Tentunya akan langsung disalurkan ke rekening masing-masing penerima. Untuk jumlah penerima disesuaikan dengan hasil evaluasi data Kemensos. Dimana setiap bulan dilakukan evaluasi.

“Setiap Kabupaten/kota jumlah penerima PKH itu berbeda. Karena kalau tahun 2017 lalu menerima tetapi tahun ini sudah mampu atau tidak lagi ada tanggungan anak, maka tidak akan menerima lagi,’’ jelasnya.

Lanjut Iskandar, pihaknya berharap dalam penyaluran tidak ada potongan sama sekali. Kemudian penerima bisa memanfaatkan dana itu untuk kebetuhan anak-anaknya sekolah. Sebab yang menerima itu warga miskin yang memiliki anak bayi, SD, SMP dan SMA. Tujuannya agar anak-anak tersebut bisa terus melanjutkan pendidikannya. Kemudian untuk keperluan sehari-harinya.

“Jadi dalam pencairan itu ada pendamping setiap kecamatan atau kelurahan dan desa. Sehingga penerima wajib membawa buku tabungan serta kartu PKH. Bagi yang hilang harus ada surat bukti laporan kehilangan ke kepolisian dan diketahui Dinas Sosial setempat,’’ jelasnya.

Untuk BPNT di Kota Bengkulu yang akan dibagikan, rencananya akan segera dilaunching bulan ini. Sehingga ke depan warga yang menerima bantuan beras untuk keluarga sejahtera (rastra), tidak akan menerima lagi. Tetapi diganti dengan bantuan BPNT yang bisa ditukar voucher tersebut di warung-warung yang sudah disediakan.

“Untuk BPNT dari dua Kabupaten di Bengkulu menjadi percontohan, Kota Bengkulu lebih dulu launcing. Kemudian disusul Rejang Lebong yang akan dimulai Maret mendatang. Sedangkan untuk Kabupaten lainnya masih akan terus menerima Bansos Rastra berupa 10 kg beras bulog jenis medium. Kalau penerima BPNT akan menerima uang Rp 110 ribu per bulannya,’’ jelasnya.

Uang Rp 110 ribu itu nantinya bisa ditukar dengan beras, minyak goreng, telor serta pangan lainnya yang sudah disediakan bulog melalui e-Warung.(che)

Baca Juga ...

Reklamasi Pulau Tikus, Awas Pidana

BENGKULU – Wacana Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan melakukan reklamasi dan berencana merubah nama Pulau ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.