Selasa , 21 Agustus 2018
Home / BENGKULU SELATAN / BPKP Audit Proyek Lampu Jalan Rp 2016

BPKP Audit Proyek Lampu Jalan Rp 2016

NYARIS RUBUH: Tiang listrik di Jalan Jenderal Sudirman nyaris rubuh dan terkesan dibiarkan.

KOTA MANNA – Penyidikan dugaan korupsi proyek lampu jalan 2 jalur di Jalan Ahmad Yani Tahun Anggaran (TA) 2016 memasuki babak baru. Tim auditor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Bengkulu turun melakukan perhitungan kerugian negara. Bila perhitungan selesai, dan ditemukan kerugian negara maka tak lama lagi akan ada tersangka.

Kapolres BS AKBP. Ordiva, S.IK melalui Kasat Reskrim Iptu. Ahmad Khairuman, SE didampingi Kanit Tipidkor Iptu. Denny Siregar, SH, MH, menerangkan tim auditor BPKP Bengkulu sudah turun melakukan perhitungan indikasi kerugian negara pada proyek lampu jalan tenaga surya oleh Dinas ESDM dan Kehutanan tahun 2016 (sekarang DLHK dan Kehutanan). Perhitungan indikasi kerugian oleh BPKP Bengkulu menindaklanjuti permohonan audit dari Tipidkor Sat Reskrim Polres BS.

“Auditor BPKP Bengkulu sudah turun melakukan audit. Memeriksa langsung fisik pengadaan lampu jalan tenaga surya tahun 2016. Selanjutnya, kita masih menunggu hasil perhitungan dari BPKP Bengkulu,” ujar Kanit.

Data terhimpun, dalam pelaksanaan kegiatan diduga pihak rekanan tak melaksanakan pekerjaan sebagaimana mestinya. Pekerjaan yang dilaksanakan diduga tidak sesuai spesifikasi dengan nilai kontrak. Sehingga terindikasi merugikan keuangan negara. Beberapa pengadaan lampu jalan di Jalan Ahmad Yani juga diduga sudah rusak, karena tidak hidup lagi saat malam hari.

Dalam perjalanan penyelidikan, ada pengembalian kerugian negara sebesar Rp 149 juta. Uang ini menjadi salah satu barang bukti penyidik untuk menaikan tahapan pengusutan kasus dugaan korupsi lampu jalan. “Pengembalian uang tidak bisa menghilangkan pidana. Proses hukum tetap jalan, namun dengan ada pengembalian uang tadi bisa menjadi pertimbangan hakim nantinya,” pungkasnya.(key)

Baca Juga ...

Target 1.500 Lebih Pelajar Event Sepeda Nusantara

KOTA MANNA – Event nasional sepeda nusantara di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) tak hanya didukung ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.