Home / METROPOLIS / Penjabat Walikota Segera Tertibkan Rumdin Sekolah

Penjabat Walikota Segera Tertibkan Rumdin Sekolah

Penjabat Walikota Bengkulu, H. Budiman Ismaun, S.Pd, M.Pd

BENGKULU – Penjabat Walikota Bengkulu, H. Budiman Ismaun, S.Pd, M.Pd dengan tegas menyatakan siap turun langsung untuk menertibkan rumah dinas (rumdin) sekolah yang salah peruntukkannya. “Saya siap untuk menertibkan itu. Akan saya panggil pihak terkait dan saya ingatkan pada rapat-rapat tertentu,” tegasnya.

Dijelaskan Budiman, rumdin di sekolah sendiri jelas diperuntukan kepada penjaga sekolah. Bukan bagi masyarakat luar atau masyarakat yang memiliki hubungan baik kepada kepala sekolah bersangkutan maupun guru dan pejabat sekolah lainnya. “Harus jelas peruntukkannya kalau untuk kepala sekolah ya wajib untuk kepala sekolah, penjaga yang mau menunggu itu diutamakan,” jelas Budiman.

Hanya saja ada kelonggaran, menurut Budiman, jika rumdin tersebut tidak ada yang mau menunggunya. Maka pihak sekolah boleh memberikan kebijakan dengan mempersilakan masyarakat luar untuk menunggunya. Dengan catatan harus kepada yang kurang mampu, seperti diperuntukan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan lainnya.

“Penjaga yang mau menunggu itu diutamakan, kalau memang tidak ada boleh diperbolehkan orang lain misalnya mahasiswa yang kurang mampu untuk membayar sewa kost. Dengan syarat tidak boleh menggunakan fasilitas yang ada di rumdin tersebut. Aset negara ya harus bermanfaat bagi masyarakat juga,” terang Budiman.

Selain itu, petugas atau pedagang kantin sendiri juga diperbolehkan, namun pembolehan bukan dalam hal menunggu rumdin melainkan diperbolehkan membuat rumah tunggu di dalam sekolah. “Kalau ada kesepakatan dengan sekolah ada maka diperbolehkan,” kata Budiman.

Sementara itu, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu Zainal Azmi membenarkan hampir semua rumah dinas yang ada di sekolah dasar (SD) di Kota Bengkulu salah peruntukan. Kondisi itu sudah lama terjadi.

Pihaknya masih melakukan pendataan dan bila memungkinkan akan melakukan eksekusi langsung. Sebelumnya akan dilakukan pendekatakan persuasif terlebih dahulu. Untuk diketahui, sebanyak 106 sekolah dasar di Kota Bengkulu, baru 46 sekolah yang melapor aset rumah dinas. 4 unit diantaranya rusak dan tidak bisa digungsikan. Keberadaan rumah dinas tersebut di SDN 42, SDN 66, SDN 83, SDN 73 dan SDN 34 Kota Bengkulu.(nok)

Baca Juga ...

Datangi Pemprov, IPSM Laporkan PT Agro Muko

BENGKULU – Ikatan Petani Sawit Mandiri (IPSM) Provinsi Bengkulu kemarin (24/5) menghadiri rapat di Pemprov ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *