Senin , 19 Februari 2018
Home / MUKOMUKO / Sungai Manjuto Tercemar

Sungai Manjuto Tercemar

MUKOMUKO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mukomuko ambil sampel air sungai Manjuto. Pengambilan sampel tersebut karena beberapa hari ini mendapat informasi, bahwa air sungai Manjuto tercemar. Informasi itu masuk dari para penambang di kawasan tersebut.

Mereka sementara ini sebagian berhenti total menambang di sungai itu. Karena, takut terserang penyakit gatal-gatal akibat diduga sungai tercemar. Tetapi ini baru dugaan, DLH Mukomuko belum bisa mengetahui limbah yang dimaksud.

Mereka masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut, apakah benar tercemar limbah. Kalau benar, akan dicari tahu dahuluh limbahnya, apakah sumbernya memang dari pabrik sawit atau limbah yang dihasilkan dari kegiatan penambangan.

‘’Sampai sekarang masih kita selidiki jenis limbahnya. Tapi yang jelas para penambang berhenti lantaran takut kena penyakit gatal, akibat air sungai sudah berwarna kehitaman dan campur minyak,” terang Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran DLH Mukomuko, Darmadi, S.Pd.

Untuk memastikanya DLH telah mengambil contoh air yang diduga tercemar limbah. Ini untuk dilakukan uji labor. Karena tanpa dilakukan uji di laboratorium, tidak bisa diketahui jenis limbah yang mencemari sungai tersebut.

Belum didapat informasi, apakah ada ikan atau habitat lainnya mati akibat dugaan air tercemar limbah. ‘’Kami belum temukan ada ikan mati. Tapi kami jamin kalau hal ini terus terjadi tanpa ada upaya pencegahan, ya, bisa berdampak rusaknya ekosistem di air sungai Manjuto,’’ demikian Darmadi.(hue)

Baca Juga ...

Pertegas Pertemuan dengan Bupati

MUKOMUKO – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Mukomuko tidak berpuas diri, setelah ada dukungan Bupati ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *