Senin , 19 Februari 2018
Home / CURUP / 4 Wilayah, 1 Petugas

4 Wilayah, 1 Petugas

CURUP – Jumlah Penyuluh keluarga berencana (KB) di 156 desa/keluarahan sekabupaten Rejang Lebong (RL) 35 orang petugas dan penyuluh KB ini masih jauh dari kata ideal. Hal ini lantaran rata-rata 4 wilayah desa/kelurahan hanya dilayani satu orang petugas penyuluh. Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-PPKB) Kabupaten RL Drs. Muradi kepada RB.

‘’Jadi memang jauh dari ideal. Bahkan ada petugas yang melayani satu kecamatan sendirian, seperti di kecamatan SBI Sindang Beliti Ilir, red), SBU (Sindang Beliti Ulu, red) dan Kecamatan Kota Padang. Namun pelayanan tetapkita lakukan secara maksimal meskipun dengan kendala ini,’’ ungkap Muradi.

Padahal idealnya,sambung Muradi, pelayanan melalui penyuluh KB satu petugas satu desa/kelurahan. Agar penyuluh KB ini bisa memaksimalkan tugas dan fungsinya ditengah masyarakat. ‘’Idealnya RL mempunyai 156 petugas penyuluh KB yang bertugas memantau dan membimbing yang berkaitan dengan KB,’’ terang Muradi.

Untuk menanggulanginya, sambung Muradi, selain mengajukan pada setiap pengadaan CPNS, juga mengajukan usulan untuk tambahan petugas kepada BKD RL. ‘’Apalagi memang tidak setiap ASN bisa menjadi penyuluh, karena memang harus memiliki kemampuan dan pengetahuan khusus. Sehingga sebelum turun kelapangan, penyuluh KB akan diikutkan dalam pelatihan terlebih dahulu,’’ imbuh Muradi.(**)

Baca Juga ...

Beli Laptop Curian Honorer Dibekuk

CURUP – Satreskrim Polres Rejang Lebong berhasil mengamankan HW alias Ja (22) seorang honorer di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *