Senin , 19 Februari 2018
Home / MUKOMUKO / Distan “Menyerah” Basmi Anjing Liar

Distan “Menyerah” Basmi Anjing Liar

MUKOMUKO – Program pembasmian anjing liar di Kabupaten Mukomuko tahun anggaran 2018, terancam tidak berjalan. Pasalnya, anggaran yang disiapkan pada APBD tahun 2018 dinilai tidak mencukupi.
Seperti diungkapkan petugas Bidang Peternakan, mereka menyatakan angkat tangan untuk merealisasikan program tersebut. Ini karena anggaran yang sudah dialokasikan tidak memadai untuk melaksanakan program itu. Hal ini Ini diakui Kabid Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, Warsiman, kemarin (12/2).
Pagu dana untuk program pemusnahan anjing liar dalam rangka menangkal anjing rabies, hanya sediakan Rp 35 juta. Anggaran itu jauh menurun dibanding tahun 2017 sebesar Rp 75 juta.
Dikatakan dengan anggaran yang minim dinilai beresiko tinggi untuk menjalankan program tiu. Apalagi petugas berhadapan langsung dengan anjing liar. Tidak menutup kemungkinan anjing yang menjadi sasaran itu, ternyata positif mengidap rabies.
‘’Kita kesulitan menangani anjing rabies, kalau dengan dana hanya Rp 35 juta. Kasihan sama petugas yang turun nanti, karena anggaran minim,” jelas Warsiman.
Untuk memastikan program itu tetap berlanjut, Warsiman menjelaskan akan mengusulkan penambahan anggaran untuk program itu di APBD Perubahan Kabupaten Mukomuko Tahun 2018. Jadi programnya betap bisa jalan, meskipun nanti sudah menjelang akhir tahun. “Paling tidak sama dengan anggaran tahun lalu,” imbuh Warsiman.
Pengurangan populasi anjing liar di Kabupaten Mukomuko diperlukan, karena tahun 2017, kejadian warga terkena gigitan anjing meningkat. Kendati belum ditemukan yang positif rabies, tapi langkah antisipasi diperlukan.
‘’Kita imbau masyarakat supaya rutin memberikan vaksin anti rabies pada anjing peliharaanya. Caranya, tinggal datangi Puskeswan atau petugas hewan setempat,” jelas Warsiman.(hue)

Baca Juga ...

Pertegas Pertemuan dengan Bupati

MUKOMUKO – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Mukomuko tidak berpuas diri, setelah ada dukungan Bupati ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *