Senin , 19 Februari 2018
Home / BERITA UTAMA / Gagalkan Peredaran Sabu Rp 1,8 Miliar – BNNP Tangkap Oknum Polisi

Gagalkan Peredaran Sabu Rp 1,8 Miliar – BNNP Tangkap Oknum Polisi

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara

(“Betul dan sudah saya perintahkan Kabid Propam untuk proses pemecatannya,”)

BENGKULU – Tim gabungan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bengkulu Selatan (BS) berhasil menggagalkan peredaran gelap narkoba di Provinsi Bengkulu. Dua orang diduga sebagai kurir sabu warga Palembang ini lalu diamankan petugas.

Menurut sumber RB, kedua orang ini, salah satunya oknum polisi anggota Polda Sumatera Selatan (Sumsel) berpangkat Bripda berinisial MS. Keduanya ditangkap Minggu sore (11/2) sekitar pukul 17.00 WIB di jalan lintas Manna-Palembang Kecamatan Ulu Manna. Ikut ditemukan barang bukti narkoba diduga jenis sabu sebanyak 1 kilogram atau senilai Rp 1,4-1,8 miliar di dalam mobil Avanza. Kedua orang ini sempat diamankan di kantor BNNK BS sebelum dibawa ke kantor BNNP Bengkulu untuk diperiksa lebih lanjut.

Informasi diperoleh, oknum polisi tersebut berperan sebagai pengawal untuk berjaga selama di perjalanan. Sekali berangkat untuk pengawalan, upah yang diterimanya bisa mencapai Rp 30 juta. Rencananya sabu tersebut akan dibawa ke Padang Guci Kabupaten Kaur. Sabu merupakan pesanan dari adik Kr (salah satu bandar sabu terbesar di Bengkulu) inisial Id. Mendapat informasi itu, Minggu malam petugas BNNP dan BNNK langsung meluncur ke Padang Guci dan melakukan penggerebekan di kediaman Id. Sayangnya, sebelum petugas tiba Id sudah tidak ada di tempat.

“Memang benar ada penangkapan. Dua warga Palembang ini sudah diamankan BNNP,” kata sumber RB ini.

Tadi malam RB mendatangi BNN Provinsi Bengkulu. Satpam yang sedang berjaga kepada RB mengatakan memang ada dua orang dibawa ke BNNP dua hari lalu. “Dua orang dibawa ke dalam,” kata dia.

Ketika RB konfirmasi langsung tadi malam, Kepala BNN Provinsi Bengkulu Brigjen Pol Nugroho Aji, MH, mengiyakan adanya penangkapan. Namun ia enggan membuka untuk besaran hasil tangkapan sabu-sabu dan siapa tersangkanya.”Iya ada. Tapi besok ya jumpa persnya sama-sama dengan wartawan lain. Semuanya besok (hari ini,red) akan diberitahu semua, berapa banyaknya, tersangkanya dan asal barang itu,” papar Nugroho.

Kapolda Sumsel Tindak Tegas

Sementara itu, adanya penangkapan oknum polisi berpangkat Bripda  yang bertugas di Polda Sumsel berinisial MS oleh BNNP Bengkulu dibenarkan Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, tadi malam. Dia memastikan oknum tersebut memang personel Polda Sumsel. “Betul dan sudah saya perintahkan Kabid Propam untuk proses pemecatannya. Infonya, sudah tiga bulan disersi. Jadi, tidak perlu menunggu kasus narkobanya,” lanjutnya.

Terkait kasus narkobanya, Zulkarnain enggan berkomentar. Menurutnya, itu pihak BNN Bengkulu yang akan menjelaskan.  “Baiknnya tanyakan langsung ke BNN Bengkulu, agar saya tidak salah menjelaskan,” tukasnya.

Kapolda menegaskan, tidak akan melindungi anggotanya yang terlibat narkoba.  Jenderal Bintang Dua menyebut, oknum tersebut akan diproses. “Jika terbukti nanti sebagai pengedar dan dihukum, akan saya lakukan PTDH (Pemberhentian Tidak Dengan Hormat, red),” ujar Zulkarnain.

Pria kelahiran Belitang Madang Raya, OKUT 31 Oktober 1961, memastikan akan menyikat betul oknum polisi yang bermain atau ikut terlibat dalam peredaran narkoba. “Kita sikat bersama,” sambungnya. (key/rif/jpg)

Baca Juga ...

All New Honda PCX150

Launching All New Honda PCX , Hadirkan Pongki Barata

SUDAH dikenalkan sejak Desember 2017 lalu di Jakarta, All New Honda PCX akhirnya bakal segera ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *