Home / CURUP / Jangan Urus Izin Pakai Calo

Jangan Urus Izin Pakai Calo

GRATIS: Aktivitas pelayanan perizinan di DPM PTSP RL, dilaksanakan tanpa adanya pungutan alias gratis.

CURUP – Semenjak terbitnya Perpres Nomor 97 tahun 2014 tentang penyelenggaraan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan berdirinya Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Rejang Lebong (RL), seluruh wewenang perizinan dan non perizinan, kewenangan pemkab sudah ilimpahkan dari bupati ke DPM PTSP. Ini artinya seluruh perizinan yang selama ini langsung ditandatangi bupati, sudah dilimpahkan ke DPM PTS dengan prosedur atas nama.

Selain itu, dalam pelaksanaan perizinan, DPM PTSP RL memastikan kalau seluruh proses yang dilakukan tidak ada pungutan lagi alias sudah seluruhnya gratis. ‘’Total perizinan yang dilayani di kabupaten saat ini ada 74 perizinan dan dalam pelayanannya tidak dipungut biaya alias gratis. Ini dalam rangka meningkatkan pelayanan perizinan yg bebas pungli, termasuk segera diterapkan prlayanan elektronik perizinan (e-perizinan, red),’’ tegas Kepala DPM PTSP RL Ir. Afnisardi, MM kepada RB diruang kerjanya kemarin.

Untuk itulah, Afni mengimbau kepada masyarakat agar dalam melakukan perizinan, jangan melalui calo atau perantara untuk menghindari adanya potensi pungli.  ‘’Terkadang ada yang meminta bantuan oknum untuk mengurus perizinan. Oleh si oknum dipungut, sehingga si pemilik izin nanti berpendapat bahwa ada pungutan. Padahal di DPM PTSP sendiri sudah dipastikan tidak ada pungutan. Makanya kita minta agar masyarakat mengurus perizinan sendiri ke DPM PTSP,’’ terang Afni.

Ditambahkan Afni, tanggungjawab di kabupaten sendiri yaitu seluruh periziann umum. Seperti untuk kesehatan yaitu izin praktek perawat, bidan dan dokter. Lalu perdagangan seperti Surat izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahan (TDP). Kemudian Bidang Pariwisata seperti Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) dan bidang pendidikan seperti izin pendirian PAUD, penelitian, pendirian yayasan. ‘’Termasuk IMB (Izin Mendirikan Bangunan, red) juga masih dilayanani di DPM PTSP RL. Sedangkan izin Besar seperti pertambangan yang sudah diambil alih provinsi, makanya Dinas Pertambangan di kabupaten tidak ada lagi. Sekali lagi kita sampaikan, agar masyarakat untuk mengurus perizinan bisa datang sendiri ke DPM PTSP tanpa melalui calo,’’ demikian Afni.(dtk)

Baca Juga ...

Gagalkan Pesta Sabu, Polisi Amankan IRT

CURUP – Unit Reskrim Polsek Sindang Kelingi Polres Rejang Lebong (RL), Senin (12/11) malam berhasil ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.