Senin , 19 Februari 2018
Home / BENGKULU SELATAN / Naikan Level, Inspektorat Libatkan BPKP Bengkulu

Naikan Level, Inspektorat Libatkan BPKP Bengkulu

BIMTEK: Inspektorat gelar bimtek internal untuk pengingkatan kapabilitas APIP. Narasumber langsung dari BPKP Bengkulu, Senin (12/2).

KOTA MANNA – Dalam rangka peningkatan level, Inspektorat Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) internal selama 3 hari di Kantor Inspektorat, mulai Senin (12/2). Bimtek diisi langsung oleh auditor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Bengkulu.

Inspektur Daerah (Ipda) Kabupaten BS, Diah Winarsih, SH menerangkan bimtek internal digelar oleh Inspektorat tujuannya untuk peningkatan kapabilitas Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP), dalam rangka menuju level 2. Bimtek yang menghadirkan pemateri dari BPKP Bengkulu ini digelar selama 3 hari mulai kemarin.

“Kita ini (Inspektorat) masih level 1, paling bawah pada tingkatan level Inspektorat, kalah dengan kabupaten tetangga. Tahun 2019 sesuai nawacita presiden tahun 2019 sudah level 3,” ujar Diah.

Hal tersebut lalu memotivasi Diah agar level Inspektorat Kabupaten BS bisa naik paling tidak minimal menjadi level 2. Agar itu terwujud, kata Diah, maka perlu adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Inspektorat. Apip sebutan bagi ASN yang bertanggungjawab terhadap pengawasan intern di lingkungan Pemkab BS harus memiliki kapabilitas dan kapasitas selaku pengawas.

“Inspektorat ini kan tugasnya sebagai pengawas. Harus memiliki ilmu mengaudit selaku auditor internal, memahami tugas dan fungsi inspektorat. Sehingga kedepan peranan Inspektorat tidak lagi sekedar menunggu laporan atau audit rutin, tapi juga wadah konsultasi,” pungkasnya.(key)

Baca Juga ...

Satu Lagi Pengedar Sabu Ditetapkan DPO

KOTA MANNA – Sat Resnarkoba Polres Bengkulu Selatan (BS) melakukan pengembangan   terhadap kasus penangkapan 2 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *