Selasa , 21 Agustus 2018
Home / BENGKULU SELATAN / Polisi Telusuri Pemilik Akun Niko Dwipayana

Polisi Telusuri Pemilik Akun Niko Dwipayana

KOTA MANNA – Kabar penipuan pencatutan nama Kabid Pengadaaan Informasi Kepegawaian Mutasi Promosi (PIMP) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), direspon Sat Reskrim Polres BS. Polisi akan menyelidiki pencatutan nama kabid PIMP yang sudah memakan korban para ASN di BS.

Kapolres BS AKBP. Ordiva, S.IK melalui Kasat Reskrim Iptu. Ahmad Khairuman mengakui sudah dengar informasi pencatutan nama kabid PIMP BKSDM Kabupaten BS Nico Dwipayana. Pelaku memanfaatkan akun facebook dengan nama Niko Dwipayana. Juga menggunakan profil wajah sang Kabid sehingga menyakinkan para korban. Menyebabkan ASN banyak tertipu, sudah setor uang dengan cara ditransfer namun pengurusan jabatan dijanjikan akun mengatasnamakan Kabid Mutasi ini tidak terealisasi.

“Kasus dugaan penipuan mencatut nama Kabid Mutasi dalam penyelidikan kita. Memang yang bersangkutan pernah datang langsung dan berkonsultasi. Dan banyak yang tertipu karena akun mengatasnamakan Niko,” kata Kasat.

Kasat juga membenarkan selain Kabid PIMP yang sudah berkonsultasi dengan mereka, ada juga ASN yang juga menjadi korban dari akun palsu tersebut sudah dimintai keterangan. ASN yang tertipu dengan akun tersebut bertindak sebagai perantara, lantaran awalnya menyakini bahwa akun atas nama Niko Dwipayana ini bukan akun palsu. ASN ini bertindak dengan menunjukkan isi percakapan lewat pesan di facebook antara ASN ini dengan akun atas nama Niko Dwipayana ke para korban lain.

“Kita akan telusuri akun “Niko Dwipayana’’ ini. Siapa pemilik sebenarnya dari akun yang dilaporkan oleh Kabid Mutasi yang asli itu adalah akun palsu buatan orang lain. Untuk ASN yang merasa jadi korban kita imbau untuk melapor,” imbuhnya.

Informasi berkembang sudah banyak korban dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab BS menjadi korban penipuan akun mengatasnamakan Nico Dwipayana saat ini menjabat sebagai Kabid PIMP BKPSDM. Berbagai modus digunakan akun palsu menggunakan nama dan foto Nico ini, mulai dari meminjam uang hingga menjanjikan pengurusan jabatan. Uang tidak diserahkan secara langsung, melainkan melalui cara transfer ke rekening atas nama orang lain, yang nomor rekeningnya berasal dari akun palsu ini

Nilai uang yang diserahkan korban bukan hanya jutaan. Tak tanggung-tanggung bahkan dikabarkan ada ASN tertipu hingga ratusan juta, lantaran dijanjikan jabatan eselon 2 oleh akun palsu ini. Sehingga diduga akun palsu ini meraup uang ratusan juta dari para ASN di lingkungan Pemkab BS, dengan mengaku sebagai Nico yang memang tugasnya membidangi mutasi pegawai.(key)

Baca Juga ...

Target 1.500 Lebih Pelajar Event Sepeda Nusantara

KOTA MANNA – Event nasional sepeda nusantara di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) tak hanya didukung ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.