Home / METROPOLIS / Siapkan Siswa Masuki Dunia Kerja

Siapkan Siswa Masuki Dunia Kerja

WAWANCARA: Siswi SMKN 3 Kota Bengkulu saat mengikuti tes wawancara dalam Uji Kompetensi Kejuruan (UKK), Senin (12/2).

BENGKULU – SMKN 3 Kota Bengkulu, bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata serta Hubungan Antar Lembaga Pariwisata Republik Indonesia, melakukan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK), Senin (12/2). Uji  kompetensi ini khusus di bidang kepariwisataan, berguna untuk siswa agar mendapat sertifikasi bidang hotel dan restoran. SDM di bidang kepariwisataan ini disiapkan agar bisa bersaing di kancah Asia Tenggara dalam dunia kerja.

Ketua Bidang Studi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Rudi Nofindra, M.TPd mengatakan, SMKN 3 Kota Bengkulu sudah memiliki lembaga sertifikasi pihak pertama untuk tingkat sekolah di level tiga. “Selain itu sekolah kami sudah melakukan ujian ini dua kali, semoga tidak ada hambatan,” ujar Rudi.

Dijelaskan Rudi, UKK dikhususkan untuk Program Studi Tata Boga atau Kuliner. “Jadi skema ujiannya berupa wawancara dan uji praktik,” tambah Rudi. Pelaksanaan ujian dilaksanakan di SMKN 3 Kota Bengkulu, dari 12-21 Februari. Sedangkan uji praktik selama tiga hari, dari 19-21 Februari.

Rudi menambahkan, siswa akan diuji sesuai dengan standarisasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang lisensinya secara nasional. “Tahun ini ada 113 orang siswa siswi mengikuti ujian sertifikasi, semoga lulus semua. Tahun lalu ada 90 orang dan satu orang tidak lulus ujian,” beber Rudi.

Sementara itu, Ketua Jurusan Program Keahlian Tata Boga, Hermiati, M.TPd mengatakan, hingga kemarin (12/2) siswa sudah menyelesaikan pengisian dokumen Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL). “Setelah pengisian dokumen, mereka akan melakukan ujian tertulis, baru kemudian tes uji wawancara oleh guru penguji yang telah memiliki sertifikat kompetensi dari pusat,” jelas Hermiati.

Hermiati berharap, siswa SMKN 3 Kota Bengkulu lulus dan berkompeten serta mampu bersaing di dunia kerja. “Ketika mereka tidak melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi, setidaknya lulusan sekolah ini mampu memasuki dunia usaha,” tutup Hermiati. (mg2)

Baca Juga ...

Reklamasi Pulau Tikus, Awas Pidana

BENGKULU – Wacana Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan melakukan reklamasi dan berencana merubah nama Pulau ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.