Home / METROPOLIS / Sindir Pemprov, Jalan Dicat Dewan Kota

Sindir Pemprov, Jalan Dicat Dewan Kota

DITANDAI: Jalan rusak yang menjadi kewenangan Pemprov Bengkulu ditandai dengan menggunakan cat pilok oleh anggota DPRD Kota Bengkulu, kemarin (12/2).

BENGKULU – Anggota DPRD Kota Bengkulu mengecat jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dengan cat semprot pada inspeksi mendadak (Sidak), kemarin (12/2). Dewan geram banyak jalan yang kondisinya rusak parah.

Lokasi yang dituju yakni di kawasan Bentiring dan Kampung Melayu. Pengecatan dilakukan untuk menandai mana jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dan mana jalan Pemprov Bengkulu.

Wakil Ketua (Waka) II DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain menyampaikan, masyarakat sudah sering melapor mengenai jalan rusak tersebut. Akibat jalan yang tak kunjung diperbaiki sudah banyak pengendara yang jatuh, terutama pengendara roda dua.

“Warga mengadu pada kami bahwa sering jatuh di jalan Bentiring ini. Mereka meminta Pemerintah Kota untuk melakukan perbaikan, makanya dicek ke lapangan ternyata ini jalan kewenangan provinsi,” ujar Teuku.

Apabila perbaikan dilakukan oleh Pemkot Bengkulu, lanjut Teuku, maka hal ini tentunya dinilai menyalahi aturan. Jalan provinsi sudah sewajarnya dilakukan perbaikan. Sebab parawatan rutin terakhir dilakukan pada 2016, dua tahun berselang jalan kembali rusak.

“Silpa di provinsi sampai Rp 500 miliar lebih. Gubernur kan bicara penegakan peraturan dan pembangunan. Ini di depan mata loh. Jangan cuma bisa mengurusi hal sepele remeh temeh, menyangkut nyawa orang saja tidak diurus,” sentil Teuku.

Ditambahkan Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu, Rozy Ismairiandi, jalan Bentiring ini memang kewenangan pihak provinsi untuk statusnya. Namun masuk di kawasan Pemkot Bengkulu. “Ini jalan provinsi namun wajah kota. Kita tidak perlu saling menyalahkan tinggal mencari solusi lebih baik. Kita selalu melakukan koordinasi dengan pihak provinsi,” jelas Rozy.

Langkah yang masih diproses saat ini yakni, Dinas PUPR Kota Bengkulu sedang mengusulkan pemindahan status jalan provinsi dikembalikan ke Pemerintah Kota. “Kita sudah ajukan mudah-mudahan disetujui. Koordinasi juga kita lakukan untuk menanggulangi jalan terbengkalai,” tutup Rozy. (nok)

Baca Juga ...

Reklamasi Pulau Tikus, Awas Pidana

BENGKULU – Wacana Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan melakukan reklamasi dan berencana merubah nama Pulau ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.