Home / METROPOLIS / Sinkronkan 5 Prioritas Pembangunan

Sinkronkan 5 Prioritas Pembangunan

SOSIALISASI: Kegiatan rapat sosialisasi penyusunan awal rencana aksi daerah tujuan pembangunan berkelanjutan Provinsi Bengkulu digelar, kemarin (12/2) di The Madeline Hotel.

BENGKULU – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Bengkulu, kemarin (12/2) memulai Rapat Sosialisasi Penyusunan Awal Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Provinsi Bengkulu. Kegiatan digelar di The Madeline Hotel diikuti delapan perwakilan Bappeda se-Provinsi Bengkulu plus para stakeholder yang konsen kepada pembangunan berkelanjutan di Bengkulu.

Plt. Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu, Dra.  Hj. Noni Yulesti, MM mengatakan, pembangunan berkelanjutan di Bengkulu akan disinkronisasikan kepada lima prioritas pembangunan di Bengkulu. “Kelima prioritas itu adalah pengentasan kemiskinan dan meretas ketertinggalan, penguatan komoditas unggulan agromaritim dan hilirisasi, pengembangan infrastruktur strategis dan industrialisasi, transformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan berbasis teknologi dan wonderful Bengkulu 2020 nanti,” jelasnya di depan peserta rapat sosialisasi.

Ditegaskan, dari 17 tujuan atau target dari pembangunan berkelanjutan akan terpatri kuat ke dalam lima prioritas pembangunan di Provinsi Bengkulu. “Seperti untuk  prioritas pertama yakni pengentasan kemiskinan dan meretas ketertinggalan adalah goals pertama yakni tanpa kemiskinan. Goals kedua tanpa kelaparan, goals ketiga kehidupan sehat dan sejahtera, goals keempat pendidikan berkualitas dan goals kelima kesetaraan gender,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Novian Andusti, SE, MT menegaskan, pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang mementingkan semua aspek. Termasuk kepentingan generasi dimasa datang.

Dia mengatakan, dalam pembangunan berkelanjutan ini adalah sebuah proses membangun yang tak hanya dapat dinikmati bagi generasi sekarang, namun juga pembangunan yang harus dapat dinikmati untuk anak cucu nanti. Dengan begitu, pembangunan berkelanjutan merupakan pembangunan yang mampu mengkelola sumber daya alam dan sumber daya manusia di Bengkulu untuk  masa depan. “Kuncinya adalah pembangunan yang dapat dinikmati untuk  generasi kita berikutnya,” jelasnya.

Hadir dalam rapat sosialisasi, Ketua SDGs Center Universitas Bengkulu, Dr. Jonet Santoso, MA dan Manager for Economic Devolopment Pillar dari Secretariat of Sustainable Development Goals (SDGs), Setyo Budiantoro. Hadir menjadi narasumber Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, Dyah Anugrah Kuswardani. (iks)

Baca Juga ...

Reklamasi Pulau Tikus, Awas Pidana

BENGKULU – Wacana Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan melakukan reklamasi dan berencana merubah nama Pulau ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.