Senin , 19 Februari 2018
Home / BERITA UTAMA / Tes CPNS Usai Pilkada

Tes CPNS Usai Pilkada

BENGKULU – Proses penerimaan tes CPNS tahun 2018 ini akan digelar usai Pilkada. Pengumuman formasi dan pembagian kuota baru akan disampaikan pada April mendatang. Akan tetapi jumlah penerimaan CPNS kali ini cukup banyak. Setengah dari jumlah PNS yang pensiun 220 ribu orang.

Karo Hukum Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB Herman Suryatman mengatakan saat ini belum seluruhnya pemerintah daerah menyampaikan usulan kebutuhan CPNS.  Sebagian Pemda dan Kementerian serta lembaga yang mengajukan, sedang dalam pengodokan.

‘’Tahun ini (2018,red) InsyaAllah ada penerimaan CPNS. Tentu formasinya diprioritaskan bidang kependidikan serta kesehatan. Jadi untuk waktu mulai pendaftaran dan pelaksanaan tes siap-siap saja. Bisa jadi setelah Pilkada proses pelaksanaan tes, tetapi pengumuman formasinya antaran Maret-April mendatang,’’ ujarnya Herman kepada RB melalui via handphone kemarin.

Diungkapkan Herman, dalam pengalokasian kuota kebutuhan CPNS, juga pihaknya mempertimbangkan kondisi kemampuan keuangan daerah. Artinya yang APBD sudah di atas 50 persen habis untuk membayar gaji ASN sulit diakomodir usulannya. Dalam penentuan formasi juga akan disingkronkan dengan program Nawa Cita.

‘’Mudah-mudahan proses pendataan dan pengodokan cepat selesai. Pastinya setengah dari jumlah PNS yang pensiun mudah-mudahan total kuota penerimaan. Begitu juga formasi apakah ada pendidikan SMA sederajat atau hanya sarjana strata satu (S1) masih kita tunggu,’’ jelasnya.

Kemudian pihaknya mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terpancing dengan isu penerimaan CPNS. Kecuali sudah diumumkan resmi di website KemenpAN-RB atau BKN. Sebab proses pelaksanaannya juga dilakukan transparan. Mulai dari pendaftaran via online juga, pelaksanaan tes CAT.

‘’Intinya tidak ada celah lagi untuk berbuat curang. Jadi kalau ada yang menjanjikan bisa meluluskan dengan meminta imbalan uang itu jelas penipuan. Sebab kelulusan ditentukan hasil nilai. Sebab penetapan nilai ambang batas (passing grade) untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS Tahun 2017.

‘’Gradenya sesuai Peraturan Menpan RB Nomor 22/2017 disebutkan passing grade untuk tahun ini yakni 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80  untuk Intelegensia Umum (TIU) dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK),’’pungkasnya.(che)

Baca Juga ...

All New Honda PCX150

Launching All New Honda PCX , Hadirkan Pongki Barata

SUDAH dikenalkan sejak Desember 2017 lalu di Jakarta, All New Honda PCX akhirnya bakal segera ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *