Home / METROPOLIS / Optimalkan Lima Isu Pengawasan

Optimalkan Lima Isu Pengawasan

RAPAT KERJA: Kegiatan Rapat Kerja yang digelar Forum Inspektur Provinsi Seluruh Indonesia (FIPSI), kemarin (12/3) di Grage Hotel Bengkulu. Acara ini dihadiri Plt. Gubernur Bengkulu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA

BENGKULU – Plt. Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Sri Wahyuningsih, SH, M.Hum menyampaikan pentingnya mengoptimalkan lima isu pengawasan. Hal ini dikatakannya saat Rapat Kerja Forum Inspektur Provinsi Seluruh Indonesia (FIPSI) tahun 2018 yang diselenggarakan di Provinsi Bengkulu, kemarin (12/3) di Grage Hotel.

Menurutnya, lima isu pengawasan ke depannya memerlukan sumbang saran dan rekomendasi FIPSI terhadap kebijakan pengawasan. Lima isu tersebut yaitu, kesiapan kompetensi dan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam implementasi Pelatihan Kerja Sendiri (PKS) Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam penanganan pengaduan masyarakat.

“Kemudian penguatan kelembagaan Inspektorat. Lalu APIP mengawal Sistem Pengadilan Intern Pemerintah (SPIP) menuju level III dan kapabilitas APIP level III. Serta optimalisasi peran APIP dalam pengawasan dana desa,” jelasnya.

Sri berharap agar semua Inspektur dapat menyampaikan hal yang sama kepada media dan masyarakat, sehingga langkah konstruktif yang telah dibangun dengan APH dapat berjalan efektif. Ia juga menekankan betapa pentingnya kesiapan SDM dan SOP. “Pertemuan ini merupakan langkah awal untuk menyatukan persepsi terkait sosialisasi mengenai PKS kepada masyarakat,” terangnya.

Ketua FIPSI, Ok Hendri yang juga hadir langsung dari Sumatera Utara memaparkan beberapa langkah-langkah strategis yang akan dibahas pada rapat ini dalam mengimplementasikan program kerjasama antara aparat penegak hukum dengan APIP. “Meluruskan informasi-informasi yang salah bahwa APIP itu memang tetap mendukung penegak hukum dan pemberantasan korupsi namun tetap juga APIP menjadi ujung tombak untuk melakukan audit atas kerugian keuangan negara,” paparnya. (mg3)

Baca Juga ...

Cetak E-KTP Sudah Maksimal

BENGKULU – Menjelang hari pencoblosan pemilihan Walikota/Wakil Walikota Bengkulu tanggal 27 Juni nanti, Kepala Dinas ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.