Home / BENGKULU UTARA / Perangkat Desa Dapat BPJS

Perangkat Desa Dapat BPJS

ARGA MAKMUR –  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bengkulu Utara (BU) mengingatkan seluruh desa yang kini tengah menyusun APBDes sebagai syarat pencairan dana desa (DD) tahap I. Setiap desa harus menganggarkan dana untuk pembayaran jaminan kesehatan pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kepala Dinas PMD BU, Ir. Budi Sampurno mengatakan seharusnya tahun lalu seluruh desa sudah menganggarkan BPJS Kesehatan. Namun peraturan bupati baru tuntas  di pertengahan tahun sehingga hanya beberapa desa yang menganggarkan. “Tahun ini semua desa harus menganggarkan dalam APBDes untuk pembayaran BPJS Kesehatan,” kata Budi.

BPJS tersebut bukan hanya untuk kades dan sekdes melainkan seluruh perangkat desa. Desa juga sudah memiliki payung hukum berupa perbup sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengalokasikan dana yang intinya untuk perangkat desa tersebut. “Jadi setiap tahun seluruh perangkat dapat BPJS, silakan dianggarkan. Ini sebagai jaminan bagi perangkat desa untuk kenyamanan bekerja,” terang Budi.

Tak hanya itu, saat ini masyarakat BU yang memiliki jaminan kesehatan hanya 68 persen. Bupati BU, Mian menargetkan tahun 2019 sebanyak 90 persen masyarakat BU memiliki jaminan kesehatan. Bukan hanya kades, Bupati juga meminta seluruh perusahaan mendafatrkan karyawannya. “Jaminan kesehatan itu sangat penting dan menjadi perhatian pemerintah. Semua masyarakat target kami memiliki jaminan kesehatan,” papar Budi. (qia)

Baca Juga ...

Roges Mawansyah, Ketua KPU BU

ARGA MAKMUR –  Seperti prediksi sebelumnya, Roges Mawansyah, SE, ME dipilih menjadi Ketua KPU masa ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.