Home / METROPOLIS / Tarif Parkir Bandara Jangan Memberatkan

Tarif Parkir Bandara Jangan Memberatkan

PARKIR: Tampak salah satu mobil saat akan keluar dari Bandara Fatmawati Soekarno, kemarin (12/3). Tarif parkir di Bandara saat ini masih dikeluhkan.

BENGKULU – Keluhan masyarakat dengan naiknya tarif parkir di Bandara Fatmawati Soekarno yang dinilai memberatkan masyarakat, disorot DPRD Kota Bengkulu. Menyambung aspirasi dari masyarakat ini, Anggota Komisi III DPRD Kota Bengkulu, Suimi Fales, SH, MH menuturkan, penetapan tarif parkir ini harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat di Kota Bengkulu.

“Penetapan harus mengacu ke Perda, sudah ada aturannya. Yang namanya retribusi dan pajak jangan sampai memberatkan masyarakat. Apalagi biaya sudah melampaui daerah Jakarta. Tidak bolehlah dan harus disesuaikan dengan kondisi kita,” sampai Suimi, kemarin (12/3).

Senada dengan itu, Sekretaris Komisi I DPRD Kota Bengkulu, Hamsi, A.Md sangat menyesalkan hal tersebut. Sebab hingga kini belum ada sosialisasi ke masyarakat, namun secara mengejutkan tarif parkir sudah langsung naik. “Pihak pengelola harusnya memberitahukan dululah lewat instansi pemerintahan. Itukan gerbangnya kota. Jangan gara-gara tarif parkir ini masyarakat enggan datang lagi,” tukas Hamsi.

Hamsi menyarankan dalam penetapan tarif parkir baik di daerah khusus, tepi jalan dan bisnis tidak bisa ditetapkan semena-mena. Harus menaati peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah daerah setempat. Supaya pihak lain tidak menetapkan tarif parker semaunya. “Perda Nomor 7 Tahun 2010 sudah ada dan mengatur,” tegas Hamsi.

Dirinya juga menyayangkan, belum adanya keterlibatan Pemkot dalam hal ini. Meski target pajak yang disetor per bulannya bisa dipenuhi, namun Hamsi menilai hal tersebut tidak diperbolehkan. “Target 28 juta per bulan itu kan di angka tarif masih Rp 3 ribu, saat ini sudah naik menjadi Rp 6 ribu, tidak bisa seperti itu. Kita akan ajak hearing nantiya bersama lintas komisi,” janji Hamsi.

Untuk diketahui, tarif parkir sepeda motor di Bandara sebesar Rp 3 ribu per jam pertama, lalu Rp 2 ribu per jam berikutnya. Tarif parkir mobil Rp 6 ribu per jam pertama dan Rp 4 ribu per jam berikutnya. Tarif parkir kendaraan jenis truk box atau bus sebesar Rp 8 ribu per jam pertama dan Rp 5 ribu per jam berikutnya. (nok)

Baca Juga ...

Cetak E-KTP Sudah Maksimal

BENGKULU – Menjelang hari pencoblosan pemilihan Walikota/Wakil Walikota Bengkulu tanggal 27 Juni nanti, Kepala Dinas ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.