Home / BERITA UTAMA / Mengejar Predikat WTP

Mengejar Predikat WTP

MOMEN ISTIMEWA: Sidang paripurna istimewa dalam rangka HUT Kota Bengkulu ke 299 digelar di DPRD Kota Bengkulu, kemarin.

BENGKULU – Puncak peringatan HUT Kota Bengkulu ditandai dengan penyelenggaran Sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Bengkulu ke 299 yang digelar di Sekretariat DPRD Kota Bengkulu kemarin. Paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua (Waka) I DPRD Kota Bengkulu Yudi Darmawansyah didampingi oleh Waka II Teuku Zulkarnain, SE.

Pada paripurna ini, Penjabat Walikota Bengkulu H. Budiman Ismaun, S.Pd, M.Pd menyampaikan a kemajuan pembangunan yang telah dicapai pada usia 299 tahun ini. Diakuinya, Pemkot Bengkulu pada tahun ini fokus dengan peraihan predikat Wajar Tanpa Pengeculian (WTP). Sebab pada tahun 2017 lalu, laporan hasil pengelolaan keuangan Pemkot Bengkulu mendapat predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK RI Perwakilan Bengkulu.

“Pemkot saat ini melakukan pengembangan dan perbaikan dalam pengelolaan keuangan. Pengembangan aplikasi e-Planning, e-Budgeting, penerapan laporan keuangan berbasis accrual dan penataan aset. Sehingga kita harapkan tahun 2018 ini mendapat predikat WTP,” kata Budiman.

Sementara kemajuan-kemajuan yang telah dicapai antara lain yang paling menonjol yakni pertumbuhan ekonomi Kota Bengkulu dengan persentase 6,17 persen yang merupakan angka tertinggi di Bengkulu dan penurunan inflasi. Dikatakan Budiman penurunan inflasi Kota Bengkulu berhasil ditekan sebesar 3,56 persen paling besar untuk level provinsi. “Berdasarkan data BPS yang kita sampaikan, angka ini juga menunjukan inflasi di kota Bengkulu lebi rendah dari skala nasional sebesar 3,61 persen,” ucap Budiman.

Angka kemiskinan Kota Bengkulu selama lima tahun berhasil diturunkan sebesar 3,11 persen selama lima tahun ini. Dengan penurunan sebesar itu, persentase secara keseluruhan angka kemiskinan Kota Bengkulu sebesar 19,18 persen. “Penurunan angka kemiskinan merupakan prestasi yang sangat membanggakan,” kata Budiman.

Di bidang kesehatan capaian yang berhasil terealisasi yakni penurunan gizi buruk yang mana angka gizi buruk berhasil ditekan pada tahun 2017 lalu sebesar 3,8 persen. Untuk ketersedian obat dan vaksin persentasenya berkisar 99,5 persen. “Angka kematian bayi juga mengalami penurunan sejak 2016 lalu. Pada tahun 2016 tercatat 25,5 persen atau 25 kematian perbayi yang terjadi,” tutur Budiman.

Pencapaian pada bidang pembangunan ditunjukan dengan angka APK SD tahun 2017 mencapai sebesar 113,13 persen, APK SMP sebesar 90,38 persen dan APK SMA mencapai 83,56 persen. Sedangkan untuk APM SD sudah mencapai 100 persen, APM SMP mencapai 84,95 persen dan APM SMA sebesar 70,58 persen. “Capaian kinerja bidang pendidikan juga menunjukan kenaikan,” ucap Budiman.

Capaian di bidang insfrastruktur ditunjukan dengan pembangunan jalan yang sudah menambah panjang jaringan jalan dengan persentase 97,72 persen. Angka ini menunjukan kondisi jalan di Kota Bengkulu semakin membaik. Tidak hanya itu jalan perumahan juga dibangun dengan jalan lingkungan yang saat ini sudah sepanjang 113 kilometer.

“Jalan juga sudah dilebari dan dipasangi lampu jalan beserta trotoar, hal ini guna mempercantik jalan-jalan di Kota Bengkulu,” sampai Budiman.

Ditambahkannya, persentase rumah tangga yang memiliki sarana sanitasi saat ini sebesar 85,37 persen. Ditambah lagi peningkatan usia harapan hidup dengan Angka Harapan Hidup (AHH) diangka 71 tahun. “Kita berharap pemimpin ke depannya nanti dapat mengeksploitasi potensi dan bermanfaat yang ada dei kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kota Bengkulu,” imbuh Budiman.

Sementara itu, Plt Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA melalui Asisten III Pemprov Bengkulu H. Gotri Suyanto,  SE, M.Soc, SC mengajak seluruh pemimpin dapat berkoordinasi dalam menjalankan pembangunan, peran aktif pelaksanaan pembangunan seusai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Semua pelaksanaan pembangunan dilakukan pelaksana aparatur yang profesional, berkomitmen dan berintegritas sehingga  dalam menjalankan tugasnya tidak perlu takut,” kata Gotri.

Gotri juga berpesan dalam peringatan HUT Kota Bengkulu ke 299 tahun ini dapat dijadikan sebagai semangat untuk memperoleh pemimpin baru yang berintegrtias, berkomitmen dan profesional. Serta dalam pelaksanaan pemilu nantinya terhindar dari kampanye hitam, berita bohong dan politik uang. “Dalam peringatan ini sangat baik dalam mengembangkan budaya Kota Bengkulu baik dari bahasa, pakaian dan makanan khas kota Bengkulu,” singkatnya.

Paripurna HUT Kota Bengkulu ke 299 ini turut dihadiri oleh anggota DPD RI Elva Hartati, Wakil Ketua (Waka) I DPRD Provinsi Bengkulu Edison Simbolon, MSi, Sekda Kota Bengkulu Marjon, M.Pd, FKPD Kota Bengkulu, perwakilan kepala daerah se provinsi Bengkulu, seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkot Bengkulu dan veteran Kota Bengkulu.

Rapat paripurna istimewa ke II siding ke I tahun 2018 ini dihadiri sebanyak 25 orang anggota dewan dengan 10 orang tidak hadir dari jumlah keseluruhan anggota dewan sebanyak 35 orang. (nok)

Baca Juga ...

CJH Diingatkan Tidak Takabur

BENGKULU – Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Bengkulu yang berjumlah 312 orang akan memulai keberangkatan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.